Ahad 06 Jun 2021 14:47 WIB

Film Zombi Ini Dinilai Miliki Lagu Soundtrack Terbaik

Pada film horor, musik dapat membantu menciptakan ketegangan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film I am Legend.
Foto: Warner Bros Pictures
Salah satu adegan dalam film I am Legend.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Musik dapat membuat atau malah menghancurkan film. Apakah itu film ikonik karya John Williams, Star Wars, atau hampir semua hal yang pernah dilakukan Hans Zimmer, musik bisa menjadi penting bagi kesuksesan film. Dalam film horor, pilihan lagu yang tepat dapat mengatur atau menciptakan ketegangan dalam situasi yang sederhana.

Selama bertahun-tahun hampir setiap genre musik telah digunakan sampai batas tertentu dalam film horor untuk menambahkan sedikit bakat ke sebuah adegan, mengubahnya dari menarik menjadi mahakarya yang benar-benar menakjubkan. Memilih musik yang tepat adalah segalanya.

Berikut adalah lagu terbaik yang menjadi original soundtrack (OST) film bertema zombi seperti dilansir di laman Screen Rant, Ahad (6/6): 

1. Dawn Of The Dead (1978) - "La Caccia"

 

Terlepas dari penerimaan positif dari pembuatan ulang, film Dawn of The Dead yang asli merupakan salah satu film zombi terbesar yang pernah ada. Sebagian karena penggunaan lagu-lagu seperti "La Caccia". Dalam hal ini, lagu berat synthesizer diputar saat para penyintas mengendarai mobil melalui pusat perbelanjaan yang dipenuhi zombie, melindas tubuh dan menggunakan obor.

2. Pet Sematary - "Pet Sematary"

Selama zaman keemasan Stephen King, sepertinya semua bukunya ditakdirkan debut di layar lebar. Film Pet Sematary mengikuti sebuah keluarga saat mereka menavigasi kehilangan anaknya dalam kecelakaan mengerikan, dan upaya putus asa seorang ayah menghidupkan kembali putranya. Meskipun lagu tituler yang ditulis khusus untuk film oleh bintang muda punk The Ramones tidak diputar sampai akhir kredit, lagu itu dengan cemerlang menutup apa yang telah menjadi potret sempurna dari adegan film horor pada 1980-an itu.

3. I Am Legend - "3 Little Birds"

Pembuatan ulang film 1964 yang dipimpin Will Smith berjudul The Last Man On Earth sukses besar. Setelah penyembuhan kanker yang salah, umat manusia hampir musnah, dengan banyak yang berubah menjadi semacam hibrida zombi-vampir.

Terlepas dari keadaan yang mengerikan, Will Smith menjalani hidupnya senormal mungkin, dengan urutan awal yang menunjukkan dia memandikan anjingnya dan melakukan tugas sehari-hari sambil mendengarkan lagu Bob Marley yang menyenangkan. Lagu itu memberikan kontras yang bagus dengan plot yang sebaliknya gelap, suram, dan tanpa harapan.

4. Night Of The Living Dead - "Driveway to the Cemetery"

Meskipun ada penggambaran zombi lainnya di layar lebar sejak 1930-an, film Night of the Living Dead karya George Romero, dianggap sebagai film yang benar-benar meluncurkan film zombi sebagai genrenya sendiri. Film hitam-putih itu masih bertahan dengan sangat baik hari ini karena efek praktis dan riasannya yang fantastis, serta salah satu skor terbaik yang pernah digunakan dalam film horor. Adegan pembuka cukup biasa ketika pasangan berkendara di jalan menuju kuburan besar, tetapi film itu sukses memberikan urutan perasaan menakutkan yang membuat penonton tetap di tepi kursi mereka sejak awal.

5. Shaun of the Dead - "Don't Stop Me Now"

Lebih banyak komedi dibandingkan horor, film Shaun of the Dead masih merupakan pembangkit dalam hal film zombi. Dipenuhi dengan sindiran brilian dari genre ini, seperti karakter menjadi tidak nyaman ketika karakter lain benar-benar menggunakan "Z-word", adegan yang paling berkesan adalah zombie beatdown yang disinkronkan dengan sempurna pada lagu "Don't Stop Me Now" Queens yang terkenal. Adegannya juga histeris dan koreografinya sangat bagus.

Selain kelima judul di atas, ada juga film-film zombi yang memiliki OST terbaik yakni Return of the Living Dead-"It's Partytime", Army of the Dead-"Viva Las Vegas", 28 Days Later-"The Beginning", Dawn of the Dead (2004)-"Down With The Sickness", dan Zombieland-"For Whom The Bell Tolls".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement