Ahad 06 Jun 2021 13:36 WIB

Taliban Klaim Kuasai Lima Distrik di Afghanistan

Sebelumnya, Taliban mengklaim telah menguasai empat distrik

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Milisi Taliban (ilustrasi)
Foto: english.alarabiya.net
Milisi Taliban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban pada Sabtu (5/6) mengklaim telah menguasai setidaknya lima distrik di Afghanistan. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahed menyatakan, Taliban menguasai distrik di provinsi selatan Zabul dan Uruzgan, serta provinsi tengah dan timur Ghazni dan Nuristan.

Sebelumnya, Taliban mengklaim telah menguasai empat distrik di provinsi Maidan Wardak, Baghlan, dan Laghman. Para pejabat Afghanistan menyebut empat distrik itu sebagai tempat perlindungan strategis untuk menyelamatkan korban sipil.

Baca Juga

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menolak klaim Taliban. Juru bicara Kementerrian Dalam Negeri Tariq Arian mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan keamanan hanya memiliki tempat perlindungan strategis di Zabul.

Dalam 24 jam terakhir, setidaknya 20 pasukan keamanan Afghanistan tewas di tiga provinsi berbeda. Zabihullah Atiq, seorang anggota parlemen dari provinsi Badakhshan utara yang berbatasan dengan Tajikistan, mengatakan bahwa 12 milisi pro-pemerintah tewas dalam serangan udara oleh pasukan pemerintah. Menurut Atiq, insiden itu terjadi di distrik Kohistan pada Jumat (4/6) malam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement