Ahad 06 Jun 2021 09:53 WIB

SpaceX Dragon Kirimkan Panel Surya dan Persediaan Sains

Misi SpaceX Dragon CRS-22 adalah kapal pasokan kedua yang berlabuh otonom di ISS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Fuji Pratiwi
Kapsul Dragon milik SpaceX (ilustrasi). Sebuah kargo SpaceX Dragon tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu (5/6).
Foto: AP/NASA
Kapsul Dragon milik SpaceX (ilustrasi). Sebuah kargo SpaceX Dragon tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL-- Sebuah kargo SpaceX Dragon tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu (5/6) untuk mengirimkan panel surya baru bersama dengan banyak eksperimen penelitian baru dan pasokan NASA sebagai bagian dari misi pasokan perusahaan ke-22.

SpaceX Dragon otonom yang tidak berawak terhubung dengan laboratorium yang mengorbit pada pukul 05.09 pagi EDT atau pukul 09.09 GMT, parkir di sisi zenith atau menghadap ke luar angkasa, dari modul stasiun Harmony. Docking terjadi sekitar 40 jam setelah peluncuran Dragon pada roket Falcon 9, Kamis (3/6) dari NASA Kennedy Space Center di Florida. Pada saat merapat kedua pesawat ruang angkasa itu berlayar sekitar 258 mil (415 km) di atas Samudera Pasifik Selatan.

Baca Juga

"Itu adalah pendekatan yang hebat dan luar biasa melihatnya masuk. Kami senang itu ada di sini," kata astronot NASA Shane Kimbrough mengatakan kepada pengendali penerbangan setelah berlabuh, dilansir dari Space, Ahad (6/6).

Kimbrough melanjutkan, menantikan semua ilmu pengetahuan dan hal-hal lain yang dibawa bersama dengan panel surya EVA kami. Ini akan menjadi beberapa pekan yang hebat saat para astronot masuk ke Dragon dan mengeluarkan semua bawaan di dalamnya.

Misi SpaceX Dragon CRS-22 adalah kapal pasokan kedua untuk berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional tanpa bantuan astronot. Biasanya para astronot menggunakan lengan robot Canadarm2 untuk menggenggam kapal kargo yang masuk dan memasangnya secara manual ke stasiun. Namun, dua awal Ekspedisi 65-Kimbrough dan sesama astronot NASA Megan McArthur- memang memantau docking dari dalam observatorium Cupola.

Kedatangan pesawat ruang angkasa kargo Dragon CRS-22 yang ditingkatkan ini akan menambah jumlah total kendaraan SpaceX menjadi dua. Sebuah pesawat ruang angkasa Crew Dragon yang berbeda, yang membawa empat astronot ke stasiun luar angkasa pada April dalam misi Crew-2, juga saat ini merapat di modul Harmony.

Kargo Dragon ini adalah kendaraan pembawa pasokan kedua SpaceX yang secara mandiri berlabuh dengan stasiun luar angkasa. Itu adalah fitur baru berkat beberapa desain ulang yang dibuat SpaceX untuk pesawat ruang angkasa kargo Dragon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement