Sabtu 05 Jun 2021 18:22 WIB

Kilas Balik Euro 2020, Geliat di Tengah Pandemi Covid

Piala Eropa akan genap berusia 20 tahun pada 2020

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Euro 2020
Foto:

Sebuah tim juga bisa melakukan lima kali pergantian pemain dalam satu babak. Pun dengan penggunaan teknologi terkini. Euro 2020 akan menjadi gelaran Piala Eropa pertama yang menerapkan Video Assistant Referee (VAR).

Terkait penerapan protokol kesehatan, UEFA telah memutuskan sejumlah langkah. Apabila nantinya ada pemain atau sekelompok pemain dari sebuah tim yang direkomendasikan menjalani isolasi mandiri lantaran diduga terjangkit positif Covid-19, maka tim tersebut masih merumput asalkan bisa menyertakan minimal 13 pemain, termasuk satu penjaga gawang.

Laga benar-benar ditunda, setidaknya maksimal selama 48 jam, apabila salah satu tim tidak bisa memenuhi kriteria jumlah pemain tersebut. Tim yang tidak bisa memenuhi kriteria tersebut akan dinyatakan kalah dengan skor 0-3 dan dinyatakan tersingkir apabila sudah memasuki fase gugur.

UEFA juga telah mengatur soal ketentuan kehadiran penonton secara langsung di stadion. UEFA agaknya tetap berharap menjadikan Euro 2020 sebagai pesta sepak bola yang berkesan dan menyentuh langsung para fans. UEFA tetap memperbolehkan kehadiran penonton dengan kapasitas yang berbeda di tiap-tiap stadion, mulai dari 22 persen hingga 100 persen.

Pihak penyelenggara di Budapest, Hungaria, berharap bisa membuka secara penuh membuka kapasitas Stadion Puskas Arena hingga 100 persen. Namun, pembukaan kapasitas penuh stadion tersebut tetap diiringi dengan pemeriksaan ketat protokol kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement