Jumat 04 Jun 2021 18:59 WIB

Garut Siapkan 500 Liang Lahat untuk Jenazah Covid-19

Sebagian besar pasien Covid-19 meninggal di Garut adalah lansia.

Garut Siapkan 500 Liang Lahat untuk Jenazah Covid-19. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Garut Siapkan 500 Liang Lahat untuk Jenazah Covid-19. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menyiapkan lahan khusus untuk memakamkan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia dengan kapasitas lahan cukup untuk 500 jenazah.

"Lahannya di Tarogong Kidul ada, kami sudah siap, cukup luas itu, bisa untuk 500-an (jenazah)," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Jumat (4/6).

Baca Juga

Ia mengatakan lahan pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19 itu disiapkan bagi masyarakat yang selama ini kesulitan memakamkan jenazah tersebut. Pemerintah daerah telah mengantisipasi adanya kesulitan memakamkan jenazah tersebut dengan menyiapkan lahan khusus yang lokasinya tidak jauh dari perkotaan Garut.

"Jadi kalau ada yang menolak di daerahnya masing-masing, ya sudah silakan serahkan kepada pemda, kami akan memakamkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Ia menambahkan selain menyiapkan lahan pemakaman, Pemkab Garut juga menyediakan 200 peti jenazah untuk pasien positif Covid-19. "Dinkes memesan sekitar 200 peti," katanya.

Ia mengungkapkan wabah Covid-19 di Garut terjadi peningkatan kasus positif baru dan pasien meninggal dunia beberapa hari terakhir. Pasien Covid-19 yang meninggal dunia kebanyakan dari kalangan lanjut usia dengan kondisi memiliki penyakit penyerta.

"Yang meninggal itu adalah kebanyakan orang tua, 90 persen ada penyakit penyerta," katanya.

Laporan dari Satgas Covid-19 Garut tercatat secara akumulasi kasus positif Covid-19 sebanyak 10.369 kasus terdiri dari 648 kasus menjalani isolasi mandiri, 402 kasus isolasi di rumah sakit, 8.863 kasus dinyatakan sembuh, dan 456 kasus meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement