Jumat 04 Jun 2021 13:13 WIB

DD Peringati Hari Lingkungan Hidup 2021 di Situ Bungur

Relawan DMC Dompet Dhuafa membersihkan sampah di Situ Bungur, Ciputat.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Relawan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membawa kantong berisi sampah saat kegiatan bersih di Situ Bungur, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat (4/6).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Relawan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membawa kantong berisi sampah saat kegiatan bersih di Situ Bungur, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) mengadakan kegiatan bersih danau dan penanaman pohon di Situ Bungur, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, Jumat (4/6). Kegiatan itu dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap 5 Juni.

Kepala DMC Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit menyampaikan, peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021 dilangsungkan di Situ Bungur. Pemilihan lokasi lantaran danau tersebut merupakan kawasan situ pengendali banjir di Ibu Kota.

"Kami memilih Situ Bungur karena ini kawasan pengendali banjir yang ada di Jakarta dan daerah sekitar Jakarta," ujar Haryo saat ditemui di sela-sela acara tersebut di Situ Bungur, Ciputat, Jumat.

Di samping itu, dia menyampaikan perlunya partisipasi dari masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan, terutama di kawasan Situ Bungur. Pasalnya, masyarakat kerapkali menjadikan lokasi itu sebagai tempat berwisata atau sekadar berolahraga. Karena itu, kebersihan dan kelestarian Situ Bungur perlu dijaga.

Haryo mengaku, DMC DD menggandeng sejumlah elemen masyarakat, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel untuk mengangkut sampah. Setidaknya sekitar 50 orang terlibat di dalam kegiatan itu.

Pantauan Republika di lokasi, puluhan relawan berkumpul sejak pukul 08.00 WIB di kawasan Situ Bungur. Pimpinan DMC Dompet Dhuafa dan Kelurahan Pondok Ranji, Ciputat hadir dan mengawali acara dengan menanam beberapa pohon. Di antaranya, pohon jintan, jeruk nipis, temulawak, tela, sirih, mangga, dan kelengkeng.

Seusai menaman pohon, dilakukan kegiatan susur danau sekaligus bersih-bersih sampah di sekitar Situ Bungur. Terdapat tiga perahu karet yang digunakan oleh para relawan untuk mengangkut sampah yang dikumpulkan dari badan danau, termasuk sisi bibir danau.

Ketua Panitia Acara Abdul Azis menyampaikan, Situ Bungur merupakan salah satu kawasan yang masih banyak dijadikan lokasi pembuangan sampah oleh sebagian masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, kegiatan bersih waduk diharapkan dapat mengubah kondisi sekitar situ agar lebih asri.

Dia menyebut, Situ Bungur juga ditargetkan akan diperindah dengan menghiasai mural di semua dinding di sekitar Situ Bungur. Dengan begitu, kawasan tersebut menjadi lebih tertata dan enak dilihat.

"Jadi rencananya, kita akan rutin melakukan kegiatan bersih-bersih sampah. Selain itu kita rencananya juga mau bikin karya seni mural di dinding-dinding yang ada di sekitar setu," terang Azis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement