Jumat 04 Jun 2021 13:08 WIB

Mancini Minta Raspadori Tiru Legenda Italia Paolo Rossi

Raspadori belum pernah tampil untuk tim nasional senior Italia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Striker Sassuolo, Giacomo Raspadori.
Foto: Dok. IG Giacomo Raspadori.
Striker Sassuolo, Giacomo Raspadori.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Giacomo Raspadori secara mengejutkan masuk dalam skuad Italia untuk Euro 2020. Pelatih Roberto Mancini berharap pemain muda Sassuolo itu dapat meniru legenda Azzurri, Paolo Rossi, di turnamen tersebut.

Pemanggilan pemain berusia 21 tahun itu menjadi poin pembicaraan terbesar ketika skuad Italia berisi 26 pemain diumumkan Mancini pada Selasa (1/6). Sebab, Raspadori belum pernah tampil untuk tim nasional senior Italia.

Baca Juga

Pemanggilan Raspadori membuat perbandingan dengan Rossi, yang mencetak tiga gol dalam debutnya di Piala Dunia saat berusia 21 tahun pada 1978, sebelum memenangkan Sepatu Emas empat tahun kemudian ketika Italia menjadi juara dunia.

"Dia bisa menjadi masa depan tim nasional," kata Mancini dalam konferensi pers, Kamis (4/6), dikutip Reuters. Mancini menilai Raspadori memiliki kualitas luar biasa. Itulah satu-satunya motivasi Mancini memanggilnya masuk ke skuad Azzurri. 

"Saya berharap dia bisa masuk dan menjadi seperti Paolo Rossi, tapi saya tidak membawanya hanya untuk ini," kata Mancini.

Italia menghadapi Republik Ceska dalam pertandingan pemanasan terakhir mereka di kota asal Raspadori, Bologna pada Sabtu (5/6) dini hari WIB. Sang striker bisa membuat debutnya di tim senior Italia.

"Kami sedang mengevaluasi kondisi fisiknya. Saya tahu akan menyenangkan baginya untuk membuat debutnya di Bologna, tetapi saya memikirkan kondisinya," kata Mancini.

"Dia dipanggil untuk apa yang dia lakukan di liga dan untuk kualitas teknisnya yang luar biasa, yang bisa ditingkatkan," jelasnya.

Piala Eropa 2020 dimulai di Roma pada 12 Juni, ketika Italia menghadapi Turki di pertandingan pembuka. Namun Mancini masih kehilangan pemain kunci karena gelandang Paris Saint-Germain (PSG) Marco Verratti berjuang melawan cedera.

"Semua orang tersedia selain Lorenzo Pellegrini dan Verratti, mungkin kami akan membiarkan Jorginho beristirahat. Sensi telah pulih, satu-satunya keraguan adalah Verratti dan kita akan melihat bagaimana dia dalam sepekan," kata Mancini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement