Jumat 04 Jun 2021 13:20 WIB

Perawatan Motor Sederhana yang Wajib Dilakukan di Rumah

Pengendara wajib memastikan bahwa motor dalam kondisi prima.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi motor Yamaha)
Foto: Pixnio
(Foto: ilustrasi motor Yamaha)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian masyarakat, sepeda motor adalah sarana transportasi utama dalam melakukan mobilitas sehari-hari. Sesibuk apa pun, sangat disarankan agar pengendara selalu memastikan bahwa motor dalam kondisi prima.

Pengendara harus menyempatkan waktunya untuk melakukan sejumlah langkah perawatan sederhana. Hal ini pun mendorong PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk membagikan tips yang dapat diterapkan oleh bikers.

Baca Juga

Manager Service CS Divison YIMM, Riyadi Prihartono, mengatakan, salah satu langkah utama dalam melakukan perawatan motor adalah dengan memeriksa aki dan oli.

"Tahapan ini bisa dilakukan dengan mengoperasikan seluruh komponen yang berkaitan dengan aki, seperti klakson, lampu, dan engine starter. Sedangkan, pemeriksaan oli dapat dilakukan dengan melihat kondisi pada dipstick oli," kata Riyadi dalam keterangan pers pada Kamis (3/6).

Dengan bantuan dipstick, pengendara dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan kualitas dan volume oli mesin. Sebaiknya, pemeriksaan ini dilakukan saat mesin dalam kondisi dingin dan motor berada dalam bidang yang datar.

Pada tahapan ini, pengendara juga dapat sekaligus memeriksa adanya kebocoran oli. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat sekeliling bagian lantai saat motor terparkir cukup lama.

"Pengendara perlu memastikan tak ada tetesan oli pada sekeliling bagian lantai dan tak ada sisa oli yang mengendap di bagian mesin," ucapnya.

Hal ini akan lebih efektif dilakukan saat motor dalam keadaan bersih sehingga pengendara akan lebih mudah membedakan antara rembesan oli dan sisa kotoran.

Berikutnya, pengendara juga disarankan untuk memeriksa kondisi ban. Baik soal tekanan udara maupun kondisi fisik dari ban tersebut. Itu mengingat kondisi ban yang tidak optimal akan mengganggu performa kendaraan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Selanjutnya, pengendara juga disarankan untuk selalu menjaga kebersihan motor. Hal ini diperlukan untuk menjaga kualitas bodi dan mengihindari karat pada sejumlah bagian motor.

Kemudian, pengendara juga perlu memeriksa kondisi rem. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa oli rem serta memeriksa kondisi kampas rem.

Terakhir, pengendara disarankan untuk secara rutin memanaskan motor. Terutama, untuk motor yang jarang digunakan. Langkah ini diperlukan untuk menjaga kualitas pelumasan dan kualitas aki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement