KSAL Pimpin Peringatan 40 Hari Gugurnya Awak KRI Nanggala

Red: Andri Saubani

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) bersama prajurit TNI Angkatan Laut dan keluarga kru KRI Nanggala-402 berdoa bersama di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021). Doa bersama tersebut digelar untuk mengenang 40 hari gugurnya 53 kru KRI Nanggala-402.
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) bersama prajurit TNI Angkatan Laut dan keluarga kru KRI Nanggala-402 berdoa bersama di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021). Doa bersama tersebut digelar untuk mengenang 40 hari gugurnya 53 kru KRI Nanggala-402. | Foto: Antara/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono memimpin peringatan 40 hari gugurnya awak kapal KRI Nanggala-402. Acara peringatan dipusatkan di Dermaga Madura, Markas Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Jawa Timur.

"Kegiatan ini juga diselenggarakan serentak di seluruh jajaran TNI AL di Tanah Air," ujar Laksamana Yudi Margono kepada wartawan, di Surabaya, Kamis (3/6) malam.

Diawali Shalat Mahgrib berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan tahlil membaca ayat suci Al Quran Surat Yasin, serta memanjatkan doa. Dalam rangkaian acara tersebut, perwakilan seluruh keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402 hadir.

Untuk mengenang jasa KRI Nanggala-402 yang telah menjaga wilayah perbatasan laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kasal Laksamana Yudo juga meletakkan batu pertama untuk pembangunan monumen yang berlokasi di lingkungan Markas Koarmada II Surabaya. Menurut dia, proses evakuasi KRI Nanggala-402 telah dihentikan atas arahan Presiden Joko Widodo, sehingga KRI Nanggala-402 bersama seluruh awaknya dipastikan bersemayam abadi di laut NKRI.

Baca Juga

Sebanyak 53 prajurit sejati KRI Nanggala-402 telah dinobatkan sebagai pahlawan, setelah dinyatakan gugur dalam tugas di perairan utara Bali pada 21 April 2021 lalu. "Kami akan membantu, mendukung dan menjaga keluarga awak KRI Nanggala yang telah gugur. Khususnya putra-putrinya, sudah ada beasiswa dari Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikannya ditanggung mulai dari sekolah dasar hingga jenjang S-1," ujarnya pula.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI telah memberi bantuan rumah kepada masing-masing ahli waris awak KRI Nanggala-402. "Dengan bantuan rumah ini, mudah-mudahan membantu mereka dalam menatap masa depan yang lebih baik," kata perwira tinggi TNI AL berpangkat bintang empat tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam KRI Nanggala 402

Peletakan Batu Pertama Monumen KRI Nanggala-402

Kenang Awak KRI Nanggala, TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam

40 Hari KRI Nanggala, Prajurit TNI AL Doa Bersama

Operasi Salvage KRI Nanggala Usai, Total 20 Kali Penyelaman

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark