Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Berdayakan Bisnis UMKM Digital Lewat Program Kadai Rami

Kamis 03 Jun 2021 22:14 WIB

Red: Hiru Muhammad

Kiri-kanan: Doni Rahmat Samulo-Karo PBJ Setda Prov Sumbar, Ikbal Dwipayana-Karo Pemerintahan dan Otda, Benny Warlis-Pj. Sekda Prov Sumbar, Mahyeldi Ansharulla-Gubernur Sumbar, Rizal Paramarta-CEO Mbizmarket, Ryn Hermawan-COO Mbizmarket, Rivie Rahman-Head Sales Mbizmarket

Kiri-kanan: Doni Rahmat Samulo-Karo PBJ Setda Prov Sumbar, Ikbal Dwipayana-Karo Pemerintahan dan Otda, Benny Warlis-Pj. Sekda Prov Sumbar, Mahyeldi Ansharulla-Gubernur Sumbar, Rizal Paramarta-CEO Mbizmarket, Ryn Hermawan-COO Mbizmarket, Rivie Rahman-Head Sales Mbizmarket

Foto: dok. Istimewa
Mbizmarket dalam setahun telah memberi pelatihan ke ribuan UMKM di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Pemanfaatan platform perdagangan elektronik yang melibatkan kalangan UMKM terus dilakukan brbagai kalangan. Para pelaku UMKM akan diberikan akses pasar untuk menjadi penyedia kebutuhan belanja barang/jasa pemerintah dan menjangkau prospek pembeli, baik dari kalangan pemerintah maupun swasta nasional. 

Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) bekerja sama dengan PT Brilliant Ecommerce Berjaya (BEB), pemilik Mbizmarket, dalam pemanfaatan  mbizmarket, marketplacebusiness-to-business (B2B), untuk pengadaan barang dan jasa, dengan program yang dinamakan Kadai Rami (singakatan dari Kadai Rang Minang, atau  Kedai Orang Minang)

"Kami sangat berbahagia dengan adanya kerjasama antara Pemprov Sumbar dengan Mbizmarket dalam pengelolaan Platform Belanja Langsung Online Kadai Rami. "Kami sangat berbahagia dengan adanya kerjasama antara Pemprov Sumbar dengan Mbizmarket dalam pengelolaan Platform Belanja Langsung Online,"kata Rizal Paramarta, CEO Mbismarket, usai menjalin kerjasama dengan pemprov Sumbar. 

Pihaknya berharap dapat merangkul UMKM sebanyak mungkin di Sumbar untuk bergabung  sebagai merchant, dan upaya Pemprov Sumatera Barat untuk memperbanyak UMKM Go Digital bisa diwujudkan. Selain menghadirkan infrastruktur teknis dan dalam jaringan (daring/online), Mbizmarket pun siap membantu pertumbuhan UMKM di Sumbar. Mbizmarket selama satu tahun terakhir telah merekrut dan memberikan akses dan pelatihan kepada ribuan UMKM setidaknya di sembilan provinsi dan lebih dari 30 kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.  

Pada akhir 2019, Mbizmarket,mulai mendapatkan kepercayaan untuk membantu pemerintah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk pengadaan barang dan jasa melalui layanan daring/digital mbizmarket. Adopsi platform Mbizmarket diinisiasi  Pemprov Jawa Barat (Jabar) dilanjutkan kemudian  Pemprov Bali, Pemprov Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Tabalong (Kalimantan Selatan), Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemprov Jawa Tengah, Pemerintah Kota Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Pemprov Riau, dan terakhir Pemprov Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah berharap kerjasama ini dapat mendorong pencapaian visi dan misi untuk meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/menengah serta ekonomi berbasis digital. Serta mewujudkan program unggulan Sumbar Sejahtera mencetak 100 ribu millineal dan women entrepreneur serta pelaku ekonomi kreatif.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA