Kamis 03 Jun 2021 22:02 WIB

6 Kacang Paling Sehat untuk Dikonsumsi

Kacang adalah salah satu makanan paling bergizi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Kacang adalah salah satu makanan paling bergizi (Foto: kacang almond)
Foto: Flickr
Kacang adalah salah satu makanan paling bergizi (Foto: kacang almond)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang adalah salah satu makanan paling bergizi di dan telah menjadi bagian dari makanan manusia selama berabad-abad. Meskipun setiap kacang memiliki rasa yang berbeda dan komposisi nutrisi yang sedikit berbeda, semua kacang merupakan sumber protein nabati, lemak sehat, serta vitamin dan mineral esensial.

Berikut merupakan enam jenis kacang yang paling sehat untuk dikonsumsi, dilansir dari goodhousekeeping, Kamis (3/6).

Baca Juga

 

Kenari

Penulis Eat Clean, Stay Lean dan pemilik Bazilian's Health di San Diego, Wendy Bazilian, DrPH, RDN, mengatakan kacang kenari adalah satu-satunya kacang dengan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Sementara beberapa kacang lainnya mengandung sejumlah kecil omega-3, Bazilian menunjukkan tidak satupun dari mereka yang mendekati kadar pada kenari. Aspek penting lainnya dari kenari adalah kandungan polifenolnya.

"Berdasarkan penelitian yang mengevaluasi kacang pohon dan kacang tanah, kenari memiliki jumlah polifenol terbesar, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang dapat berperan dalam berbagai penyakit dan hasil kesehatan," kata Bazilian.

 

 

Brasil

Kacang yang tumbuh di pepohonan di hutan hujan Amazon ini mungkin tidak seterkenal yang lain dalam daftar, tetapi merupakan pembangkit tenaga nutrisi sejati. Dengan tekstur yang halus dan rasa yang lembut, kacang yang lebih besar ini merupakan sumber berbagai antioksidan dan vitamin yang sangat baik.

Kacang Brazil menonjol karena kandungan seleniumnya, nutrisi dengan banyak peran dan sifat antioksidan termasuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan infeksi. Hanya satu kacang Brazil yang mengandung 68-91 mcg selenium per kacang yang memenuhi lebih dari 100 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan mengandung 2.500 kali lebih banyak selenium daripada kacang lainnya. 

Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition bahkan menemukan bahwa mengonsumsi hanya dua kacang Brazil setiap hari adalah pengganti yang efektif untuk suplemen selenium. Tapi jangan berlebihan dengan kacang yang kuat ini karena terlalu banyak makan kacang Brazil dapat menyebabkan keracunan selenium tetap dengan 1 atau 2 setiap hari untuk menuai manfaat nutrisinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement