Kamis 03 Jun 2021 21:49 WIB

Mencukupi Asupan Omega-3 dari Tuna Kaleng

Ada efek besar yang bisa diperoleh dari tuna kaleng.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Ada efek besar yang bisa diperoleh dari tuna kaleng.
Foto: Flickr
Ada efek besar yang bisa diperoleh dari tuna kaleng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan ikan kalengan mungkin tampak bukan hal sehat. Namun, salah satu ikan yang sering dikemas dalam kaleng, yakni tuna, merupakan salah satu sumber protein tanpa lemak terbaik dan termurah yang dapat dibeli di toko bahan makanan.

Memiliki umur simpan yang panjang, ternyata ada efek besar lain dari makan tuna kalengan. Seperti dilansir Eat This, Kamis (3/6), menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, asam lemak omega-3 adalah sumber lemak tak jenuh ganda yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca Juga

Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tuna dapat membantu kesehatan mata dan otak, bahkan dapat memasokenergi sepanjang hari. Omega-3 mengandung eicosanoids, yaitu molekul yang membantu struktur dan fungsi kesehatan kardiovaskular, paru, kekebalan, dan endokrin tubuh.

Harvard Health menunjukkan bagaimana asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Omega-3 adalah lemak esensial yang dibutuhkan tubuh yang bisa peroleh dari makanan seperti ikan tuna kalengan, minyak sayur, kacang-kacangan, biji rami, minyak biji rami, dan sayuran hijau.

Asam lemak omega-3 juga membantu membran sel dalam tubuh. Menurut Harvard Health, omega-3 menghasilkan hormon yang dapat membantu mengatur pembekuan darah, kontraksi, dan relaksasi dinding arteri, serta peradangan.

Asam lemak omega-3 bersifat anti-inflamasi, yang berarti dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular serta lupus, eksim, rheumatoid arthritis, bahkan kanker dalam beberapa kasus.

Tuna kalengan jelas merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bagus dan bisa ditambahkan ke makanan dengan harga yang relatif murah. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Layanan Penelitian Pertanian USDA mengatakan, penting untuk makan setidaknya 250 miligram omega-3 per hari, yang setara dengan 2 gram omega-3 seminggu.

Jumlah asam lemak omega-3 ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Menurut Klinik Cleveland, porsi 3 ons tuna albacore mengandung 1,5 gram asam lemak omega-3. Jika makan setidaknya satu tuna kaleng sepekan, maka akan mendapatkan semua asam lemak omega-3 yang dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement