Jumat 04 Jun 2021 04:20 WIB

Banyak Pesta Pernikahan di Riau Abaikan Prokes

Riau masih memberlakukan PPKM skala mikro sampai 30 Juni.

Pernikahan dan menikah (Ilustrasi)
Foto: Republika
Pernikahan dan menikah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Riau, Indra Yovi mengatakan banyak resepsi pernikahan digelar masyarakat Riau mengabaikan protokol kesehatan. Padahal, Pemrov Riau memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sampai 30 Juni 2021.

"Pemerintah telah memperpanjang PPKM skala mikro itu, namun kebijakan tersebut belum dijalankan sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau ini berpotensi meningkatkan penularan COVID-19 di daerah," kata Indra, Kamis (3/6).

Baca Juga

Dia mengatakan, selain gelaran pesta pernikahan di rumah, masyarakat juga mengabaikan resepsi di hotel-hotel yang justru juga menghadirkan orang banyak. Ia menyebutkan untuk izin keramaian merupakan kewenangan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 kabupaten/kota, dan aturannya sudah ada dan jelas.

"Izin keramaian itu semua ada pada satuan tugas kabupaten/kota masing-masing, izin diterbitkan dan dikeluarkan oleh satgas kabupaten/kota dan panduannya sudah ada dan jelas," katanya.

Jika ada yang menggelar pesta, katanya lagi, kapasitas tidak boleh lebih 50 persen, dan tetap memakai masker atau menjaga jarak fisik aman, serta mencuci tangan. Akan tetapi permasalahannya, katanya mengakui yang tidak sesuai prokes, sedangkan penegakan aturan sangat diperlukan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement