Kamis 03 Jun 2021 20:13 WIB

Biji Semangka untuk Camilan?

Biji semangka mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang potensial.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Biji semangka mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang potensial.
Foto: Pxhere
Biji semangka mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang potensial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak menyukai semangka? Si buah segar yang punya warna merona itu menjadi buah favorit yang juga dapat melepas dahaga.

Di samping itu, menelan biji semangka terkadang menjadi kebiasaan seseorang. Ternyata  biji semangka diketahui sangat aman untuk dimakan atau jadi camilan, bahkan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. 

Baca Juga

Menurut laman Health Digest, dilansir Kamis (3/6), biji semangka diperkaya penuh dengan antioksidan dan protein. Biji semangka bergizi dan bisa dimakan sebagai camilan sehat.

“Satu ons biji semangka mengandung setidaknya 10 gram protein, yaitu 3 hingga 4 gram lebih banyak dari jumlah protein dalam satu telur,” tulis laporan tersebut.

Biji semangka juga merupakan sumber vitamin dan mineral. Dari satu ons biji semangka, terdapat 146 miligram magnesium, 214 miligram fosfor, dan 184 miligram potasium. Biji semangka mengandung berbagai vitamin dan mineral lain, termasuk seng, zat besi, kalsium, folat, dan vitamin B. Itulah mengapa penting untuk memakannya bersama buah dan tidak memuntahkannya.

 

Manfaat kesehatan biji semangka

Sama seperti buahnya, biji semangka juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang potensial. Misalnya, biji untuk menyehatkan jantung dan dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurut laporan Livestrong.

Itu karena biji semangka adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat membantu mendukung fungsi jantung dan mencegah kehilangan kalium. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan dapat melindungi jantung Anda dari penyakit. Namun, jika kadar kalium seseorang terlalu rendah, ada kemungkinan bisa mengalami serangan jantung.

Biji semangka juga dapat meningkatkan kualitas kulit. Biji semangka kaya akan seng dan magnesium, dua mineral yang dapat membantu menjaga kulit terlihat muda dan bersih.

Mengkonsumsi zinc dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, sedangkan magnesium dapat memperlambat penuaan dan mencegah timbulnya gangguan kulit terkait usia. Selain itu, makan biji semangka dapat mendukung penurunan berat badan. Biji semangka mengandung protein tinggi dan rendah kalori, menjadikannya camilan sehat yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement