Kamis 03 Jun 2021 16:30 WIB

Festival Internasional Edinburgh Kembali Digelar

Setahun absen karena Covid-19, Festival Internasional Edinburgh kembali digelar.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Setahun absen karena Covid-19, Festival Internasional Edinburgh kembali digelar (Foto: ilustrasi)
Foto: pixabay
Setahun absen karena Covid-19, Festival Internasional Edinburgh kembali digelar (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah setahun absen karena Covid-19, Festival Internasional Edinburgh kembali digelar dengan formasi musik yang padat untuk 2021 ini. Meskipun pertunjukan teater dan tari yang biasa diadakan di festival telah dibatasi karena pandemi, masih akan ada lebih dari 170 pertunjukan, termasuk konser dari artis seperti Damon Albarn, Laura Mvula, dan London Symphony Orchestra yang disutradarai oleh Simon Rattle.

Pemain biola Nicola Benedetti juga akan tampil dengan Orkestra Baroque Benedetti-nya, serta tampil solo dan dengan ansambel lain untuk pertunjukan The Soldier's Tale karya Stravinsky. Pertunjukan orkestra lainnya termasuk Royal Philharmonic Orchestra yang dipimpin oleh Vasily Petrenko dan menampilkan Isata Kanneh-Mason; The Chineke! Orchestra, BNC Symphony Orchestra, dan Scottish Chamber Orchestra.

Baca Juga

Orkestra Nasional Kerajaan Skotlandia itu akan dipimpin oleh Valery Gergiev dengan pianis Daniil Trifonov, dan Elim Chan dengan pemain cello Sol Gabetta. Marin Alsop akan memimpin BBC Scottish Symphony Orchestra.

Artis jazz seperti Moses Boyd dan The Comet is Coming juga akan tampil, sedangkan grup indie Inggris diwakili oleh Black Midi, Nadine Shah, dan Black Country, New Road. Band Skotlandia yang bertengger di puncak tangga lagu, The Snuts, akan kembali dengan debutnya. Lalu penyanyi Afrika Fatoumata Diawara dan Ballaké Sissoko juga akan muncul.

Dan akan banyak lagi pertunjukan dalam festival tersebut. Direktur Festival Internasional Edinburgh, Fergus Linehan mengatakan, sekarang adalah saatnya untuk melihat ke masa depan. Sehubungan dengan pandemi, dan menggambarkan festival ini sebagai kembalinya pertunjukan live yang diatur dengan sangat hati-hati.

“Sejumlah langkah keamanan Covid telah diterapkan, seperti struktur luar ruangan bergaya paviliun berventilasi tinggi, yang sudah diumumkan awal tahun ini. Langkah-langkah lain akan mencakup jarak sosial, pertunjukan yang lebih pendek tanpa interval dan penonton duduk dalam gelembung,” papar dia, dilansir dari the guardian, Kamis (3/6).

Ada 21 pertunjukan yang akan tersedia secara online gratis. Acara gratis lainnya adalah Night Light, jalan-jalan malam hari melalui Royal Botanic Garden yang dibuat oleh Compagnie Carabosse, yang terkenal dengan patung apinya yang rumit. Tontonan juga akan disertai dengan musik tradisional Skotlandia.

“Masih terlalu dini untuk mengatakan dengan tepat seperti apa festival ini pada 2021. Kami akan memimpin dari panduan resmi, karena kami terus merencanakan untuk 2021 ini dengan memikirkan kesehatan dan keselamatan peserta maupun audiens kami,” papar salah seorang panitia acara.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement