Kamis 03 Jun 2021 13:36 WIB

Bukayo Saka, Singa Muda yang Ancam Sterling dan Rashford

Bukayo Saka mencetak gol kemenangan Inggris atas Austria dalam laga pemanasan Euro.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain Inggris Bukayo Saka (kiri) merayakan dengan rekan setimnya, Harry Kane (kanan), setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola Persahabatan Internasional antara Inggris dan Austria di Middlesbrough, Inggris, 02 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pemain Inggris Bukayo Saka (kiri) merayakan dengan rekan setimnya, Harry Kane (kanan), setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola Persahabatan Internasional antara Inggris dan Austria di Middlesbrough, Inggris, 02 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Timnas Inggris memang hanya mengalahkan Austria 1-0 pada ajang pemanasan Euro 2020 di Stadion Riverside, Middlesbrough, Kamis (3/6) dini hari WIB. Meski begitu, muncul satu nama yang menyita perhatian dalam skuad besutan Gareth Southgate.

Dia Bukayo Saka, pencetak gol sekaligus pahlawan kemenangan the Three Lions atas Austria. Golnya ke gawang Daniel Bachmann pada menit ke-56 membuat sang pelatih terperangah, yang berujung pada sederet pujian untuk winger milik Arsenal tersebut.

Baca Juga

Mengusung skema 4-3-1, Southgate memutuskan menurunkan Saka disamping absennya Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jadon Sancho. Namun, Saka berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut dengan tampil gemilang pada sepanjang pertandingan.

Tak hanya Southgate yang melempar pujian kepada winger berusia 19 tahun. Eks pemain Liga Primer Inggris, Jamie O'Hara dan Gabby Agbonlahor, bahkan menegaskan Saka layak untuk mendapat tempat utama.

"Saka layak masuk timnas Inggris, dia menawarkan sesuatu yang sangat berbeda. Jadi, saya rasa Sterling dan Rashford harus berhati-hati karena Saka sangat bisa mengambil tempat mereka di skuad utama," kata Agbonlahor dilansir Talksport, Kamis (3/6).

Senada dengan pernyataan di atas, O'Hara mengeklaim dua penampilan terbaik datang dari Jack Grealish dan Bukayo Saka. Keduanya memberikan apa yang dibutuhkan di dalam tim saat berada di atas lapangan.

"Saka sangat mengesankan, dia bisa menjadi senjata nyata bagi Inggris di Piala Eropa dan kejuaraan selanjutnya," sambung eks pemain Tottenham Hotspur.

Bukayo Saka merupakan pemain jebolan asli akademi Arsenal. Tahun lalu, dia sukses menembus skuad utama the Gunners.

Saka awalnya bermain di pos bek sayap kiri. Namun, manajer Arsenal Mikel Arteta memutuskan untuk mendorong sang pemain lebih ke depan yang berperan sebagai pemberi assist dan pemecah kebuntuan.

Praktis dengan kehadiran Saka, Jadon Sancho, Rashford, Grealish, Mason Mount, Sterling, dan Harry Kane membuat Southgate punya banyak opsi untuk meramu permainan menyerang Tiga Singa dalam kejuaraan Piala Eropa 2020 bulan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement