Kamis 03 Jun 2021 13:09 WIB

Cruella Dinilai Jadi Reboot Disney Terbaik

Remake live-action Disney kerap dibebani dengan ekspektasi CGI bombastis.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Foto adegan film Cruella.
Foto: dok. Disney
Foto adegan film Cruella.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film reboot Cruella dari 101 Dalmatians (1996), baru-baru ini berhasil menyedot perhatian. Kisah karakter Cruella diangkat menjadi film tersendiri oleh Disney dengan dibintangi aktris Emma Stone sebagai pemeran Cruella muda.

Film ini lantas dianggap sebagai reboot Disney terbaik. Dilansir di Tech Radar, Kamis (3/6), film ini adalah bukti latar belakang imajinatif yang dibuat oleh tim Disney untuk salah satu penjahat paling pengecut dan penampilan luar biasa dari para pemimpinnya.

Cruella awalnya merupakan film animasi klasik tahun 1961 berdasarkan novel Dodie Smith. Cruella de Vil yang paham mode, berencana menculik banyak Dalmations untuk membuat mantel luar biasa.

Mengapa reboot ini dinilai bagus? Prekuel ini sedikit memalsukan garis waktu dan menetapkan kisah asal Cruella pada 1970-an di puncak gerakan mode punk. Cruella muda atau Estella mulai mencuri di jalan-jalan London tahun 1970-an dengan bantuan dua kriminal kenalannya yakni Jasper dan Horace, dan anak-anak anjing pencopet mereka.

Estella mendapat kesempatan untuk merancang gaun untuk rumah mode yang dijalankan oleh Baroness von Hellman yang angkuh. Latar tahun 1970-an memungkinkan tim produksi menyiapkan kostum film yang heboh. Ada benturan antara grunge, punk, dan gaun bercampur rantai dan kulit. Tidak banyak eksplorasi latar belakang politik gerakan punk, selain rasa pemberontakan yang samar-samar terhadap kekuatan yang ada.

Bagaimanapun, ini adalah film Disney. Ada adegan pencurian di banyak plot film yang lebih menghibur untuk dilakukan di peragaan busana dan di atas catwalk. Itu seperti perpaduan film Ocean's 8 dan The Devil Wears Prada.

Sulit untuk menekankan betapa sempurnanya penyeleksian pemain untuk film ini. Emma Stone dalam bentuk yang sangat baik dan semua sentuhan komedi yang tajam, mampu mengubah penjahat animasi dua dimensi menjadi karakter penuh semangat dan tidak dapat diprediksi. 

Tapi keajaiban yang sebenarnya ada dalam pergumulan antara Cruella dan Baroness.Perdebatan verbal mereka menjadi pusat perhatian pada film. Pemeran pendukung tidak selalu menarik untuk ditonton, namun di film ini tidak seperti itu.

Remake live-action Disney tidak selalu mendapatkan ulasan yang bagus. Remake kerap dibebani dengan ekspektasi CGI yang hiper-realistis.

Remake Mulan tahun lalu juga kehilangan pesona dan kesenangan dari versi aslinya. Namun Cruella dinilai benar-benar dinilai sebagai remake yang melakukan keadilan penjahat Disney yang terkenal, karena dikemas dengan ide-ide segar dan unik untuk mencegahnya terasa seperti cerita asalnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement