Rabu 02 Jun 2021 22:20 WIB

Huawei Umumkan Peluncuran HarmonyOS untuk Smartphone

Dengan OS sendiri, Huawei tidak tergantung pada layanan Google.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Huawei (Ilustrasi). HarmonyOS, istem operasi yang dikembangkan secara mandiri oleh Huawei itu dijadwalkan dirilis untuk telepon seluler pada Desember 2020.
Foto: EPA
Huawei (Ilustrasi). HarmonyOS, istem operasi yang dikembangkan secara mandiri oleh Huawei itu dijadwalkan dirilis untuk telepon seluler pada Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SHENZHEN -- Huawei Technologies China mengumumkan peluncuran sistem operasi Harmony (HarmonyOS) miliknya untuk smartphone pada Rabu (2/6). Peluncuran ini sebagai langkah perusahaan yang berusaha untuk pulih dari sanksi Amerika Serikat (AS) yang telah melumpuhkan bisnis handsetnya.

Huawei akan mulai meluncurkan HarmonyOS pada model tertentu dari smartphone-nya mulai Rabu (2/6) malam, menawarkan pengguna kesempatan untuk beralih dari sistem operasi saat ini yang didasarkan pada platform Android Google.

Baca Juga

Penggunaan HarmonyOS berarti perusahaan tidak lagi sepenuhnya bergantung pada Android. Sanksi AS melarang Google Alphabet Inc memberikan dukungan teknis untuk model ponsel Huawei baru dan akses ke Layanan Seluler Google, paket layanan pengembang yang menjadi dasar sebagian besar aplikasi Android.

Alih-alih menjadi pengganti like-for-like, Huawei mempublikasikan HarmonyOS sebagai platform ‘Internet-of-Things’, yang ditujukan untuk mengoperasikan dan menghubungkan perangkat lain seperti laptop, jam tangan pintar, mobil dan peralatan.

Presiden Departemen Perangkat Lunak Huawei Consumer Business Group, Wang Chenglu mengatakan Huawei menargetkan HarmonyOS diluncurkan pada 200 juta smartphone dan 100 juta perangkat pintar pihak ketiga pada akhir tahun. Wang telah memimpin upaya Huawei untuk mengembangkan HarmonyOS sejak 2016.

Wang berbicara di media roundtable sehari sebelumnya dan komentarnya diembargo hingga Rabu (2/6).

Pembuat peralatan telekomunikasi terkemuka China ini masuk dalam daftar hitam perdagangan AS pada Mei 2019 karena masalah keamanan nasional. Huawei telah berulang kali menyangkal bahwa itu adalah risiko.

Larangan itu menempatkan bisnis handset Huawei di bawah tekanan besar. Setelah pembuat smartphone terbesar di dunia, Huawei sekarang berada di peringkat keenam secara global dengan pangsa pasar empat persen pada kuartal pertama.

Namun, Wang mengatakan perusahaan sedang mencari di luar smartphone dengan HarmonyOS. Dia mengatakan pasar smartphone telah stabil dan smartphone tetap menjadi perangkat dominan dalam kehidupan masyarakat sebagian besar karena sebagian besar pengembang memiliki beberapa platform lain untuk dikembangkan.

Sebaliknya, ada kebutuhan akan sistem untuk menjembatani kesenjangan antar perangkat.

“Masalah dengan sistem operasi yang ada adalah perangkat tidak dapat terhubung dengan mudah dengan pengguna sering kali harus mengunduh aplikasi terpisah untuk menghubungkan semuanya,” kata Wang, dilansir dari Reuters, Rabu (2/6).

“Tapi Harmony dapat memungkinkan perangkat terhubung untuk membentuk perangkat super. Ini akan bekerja sebagai satu sistem file, secara harfiah satu perangkat,” ujarnya lagi.

Wang mengatakan dia akan menyambut pembuat smartphone lain yang mengadopsi HarmonyOS, tetapi Huawei melihat peluang besar dalam bekerja dengan pembuat perangkat non-smartphone.

Will Wong, seorang analis di IDC, mengatakan tidak penting bagi Huawei bahwa pembuat smartphone lain mengadopsi HarmonyOS.

“(Tetapi) bagi Huawei untuk mencapai ambisinya, penting untuk memasukkan merek elektronik lain dan bahkan pembuat mobil untuk OS, dan China menyediakan ekosistem pasar yang menguntungkan untuk mencapai ini,” kata Wong.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement