Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Gubernur DIY Usul Parkir Dekat Malioboro Kena Tarif Premium

Kamis 03 Jun 2021 02:10 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Kantong Parkir Malioboro. Kendaraan bermotor parkir di Kantong Parkir Abu Bakar Ali, Yogyakarta, Ahad (24/11).

Kantong Parkir Malioboro. Kendaraan bermotor parkir di Kantong Parkir Abu Bakar Ali, Yogyakarta, Ahad (24/11).

Foto: Republika/ Wihdan
Tarif premium diusulkan karena tidak mudah mencari tempat parkir di Malioboro

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengusulkan parkir kendaraan di lokasi dekat kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta dapat dikenakan tarif premium.

"Yang dekat Malioboro nyatakan saja premium. Parkir di Malioboro larang (mahal) kan gitu," kata Sultan di Kompleks DPRD DIY, Rabu (2/6). Sebelumnya, muncul unggahan foto karcis parkir mobil di kawasan dekat Malioboro dengan tarif Rp 20 ribu yang viral di media sosial. Para netizen menilai tarif parkir tersebut terlalu mahal dan merusak citra wisata Kota Yogyakarta.

Baca Juga

Raja Keraton Yogyakarta ini tidak mempermasalahkan penerapan tarif parkir mahal di dekat kawasan Malioboro asalkan didasari aturan yang jelas dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Pertimbangannya, menurut dia, mencari lahan parkir di kawasan itu tidak mudah.

Di sisi lain, Malioboro juga lekat dengan persoalan kepadatan lalu lintas dan beban kendaraan."Bisa tidak sih kita ini berpikir berbeda kota (Yogyakarta) itu, karena tidak mudah kita mencari tempat parkir di Malioboro dan Malioboro itu mesti punya masalah traffic parkir maupun beban kendaraan," kata Ngarsa Dalem.

Karena itu, Sultan berpendapat semakin jauh dari Malioboro, nantinya tarif parkir bisa diumumkan semakin murah. "Makin jauh parkirnya dari Malioboro murah, gitukan saja. Akan tetapi keputusan itu harus ada, jelas, untuk tidak disalahgunakan," kata Sultan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA