Rabu 02 Jun 2021 22:02 WIB

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Lakukan KKN di Desa Suro

Kegiatan utamanya adalah memberikan sosialisasi pentingnya protokol kesehatan.

Tim KKN dari Universitas Nusa Mnditi (UNM) melakukan sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan Desa Suro, Jawa Tengah.
Foto: Dok UNM
Tim KKN dari Universitas Nusa Mnditi (UNM) melakukan sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan Desa Suro, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Upaya mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan. Tujuannya agar masyarakat senantiasa sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Tetap menjalankan aktivitas harian dengan terus menerapkan protokol kesehatan, demi menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan sekitar. 

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) memberikan sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan Desa Suro, Kalibagor, Bayumas Jawa Tengah pada Selasa dan Rabu 25 dan 26 Mei 2021. Mahasiswa UNM yang terlibat dalam kegiatan ini yakni mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu Darmoro Winanjar Sasmiko, Iin Destiningtyas, Regiana Abdilah di bawah bimbingan Jordy Lasmana Putra.

Darmoro Winanjar Sasmiko mengatakan bahwa kelompok KKN-nya mulai membagikan masker dan handsanitizer dari kantor kepala desa.

“Pagi hari kami datang ke kantor kepala desa untuk meminta izin dan doa agar kegiatan lancar dan sesuai dengan jadwal. Diawali dengan sambutan dari Wasdi selaku kepala desa, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian masker dan handsanitizer di balai kelurahan,” katanya dalam rilis yang diterima Republika.co.id,  Rabu (2/6).

Menurutnya, masker dan handsanitizer tidak hanya dibagikan ke pegawai kelurahan saja namun juga ke warga yang sedang berkunjung untuk membuat surat.

“Saat siang hari, kami melakukan penyemprotan desinfektan ke ruangan di balai desa. Lalu melakukan sosialisasi ke warga Desa Suro tentang protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19 sekaligus pembagian masker dan handsanitizer pada warga yang mengikuti kegiatan sosialisasi,” ujarnya.

Selanjutnya, sore hari mereka melakukan penyemprotan desinfektan ke beberapa rumah warga dan beberapa tempat ibadah di lingkungan sekitar. 

“Terakhir kami tutup dengan pemasangan poster di pos kamling desa dan tempat ibadah sebagai anjuran untuk tetap menaati protokol kesehatan secara ketat,” tegasnya.

Sementara itu, Jordy Lasmana Putra selaku dosen pembimbing mengungkapkan dengan berjalannya kegiatan KKN ini, pihaknya  berharap masyarakat khususnya Desa Suro, bisa mendapatkan manfaat dan mendapat pengetahuan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Semoga masyarakat desa Suro lebih teredukasi dan lebih peduli terkait protokol kesehatan. Karena,  dengan patuh terhadap protokol kesehatan, dapat menekan angka penyebaran virus Covid-19, disamping program vaksinasi masih terus berjalan dan digalakkan oleh pemerintah,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement