Rabu 02 Jun 2021 21:54 WIB

Robertson Kenang Euforia di saat Nonton Piala Dunia 1998

Bek kiri Liverpool itu merupakan kapten timnas Skotlandia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Andrew Robertson dari Liverpool mendapatkan bola untuk dilempar selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield di Liverpool, Inggris, Rabu, 16 Desember 2020.
Foto: AP/Peter Powel/Pool EPA
Andrew Robertson dari Liverpool mendapatkan bola untuk dilempar selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield di Liverpool, Inggris, Rabu, 16 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Tim nasional Skotlandia sedang menikmati momen bersejarah. Setelah lebih dari 20 tahun, The Tartan Terriers akhirnya lolos ke sebuah turnamen besar.

Terakhir kali, Skotlandia mentas di ajang bergengsi pada Piala Dunia 1998. Kini skuat polesan Steve Clarke lolos ke Piala Eropa 2020.

Bek sayap Andrew Robertson memiliki kenangan manis di edisi 98. Saat itu, ia masih berusia empat tahun.

Negaranya tergabung di Grup A bersama juara bertahan Brasil, Norwegia, dan Marokko. Pada pertandingan perdana, Skotlandia berhadapan dengan Brasil.

Bek kiri Liverpool ini lebih mengingat pesta keluarganya, saat menikmati pertandingan tersebut, daripada detail adegan selama 90 menit ke depan. Selecao unggul cepat pada menit keempat melalui gol Cesar Sampaio.

Pada menit ke-38, John Collins menyamakan kedudukan melalui titik penalti. "Saya ingat ketika Collins mencetak skor, semua orang yang ada di pesta menjadi gila. Juga paman dan bibi saya," kata Robertson, mengenang euforia di keluarganya pada momen Piala Dunia 1998, dikutip dari Four Four Two, Rabu (2/6).

Kini era Collins telah berlalu. Muncul generasi Robertson dan rekan-rekan.

Andalan the Reds itu berstatus kapten timnas. "Saya tahu betapa beruntungnya saya berada di posisi ini," ujarnya.

Namun ia sama sekali tidak menunjukkan sikap angkuh. Menurut Robertson, banyak pemain hebat di Skotlandia lahir setelah generasi Piala Dunia 98.

Hanya saja, para jagoan tersebut tidak terlihat lantaran gagal meloloskan the Tartan Army ke turnamen besar. Namun secara individu, ada banyak sosok yang pantas dihormati. Robertson menyinggung nama Darren Fletcher.

"Ketika pertama kali saya bergabung dengan skuad, merupakan suatu kehormatan bisa bermain bersama Fletcher. Dia kapten saya, dan jika dia masih bermain, saya akan dengan senang hati mengembalikan ban kapten kepadanya," tutur pesepak bola 27 tahun ini.

Piala Eropa 2020 berlangsung sejak 12 Juni hingga 12 Juli 2021. Turnamen antar negara benua biru edisi terkini, mengalami penundaan karena adanya pandemi covid-19.

Itulah mengapa baru dimainkan pada tahun ini. Skotlandia tergabung di Grup D bersama Inggris, Kroasia, dan Republik Ceska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement