Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Barca Resmi Datangkan Emerson ke Camp Nou

Rabu 02 Jun 2021 21:47 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Reaksi Emerson Royal dari Real Betis dalam pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara Real Betis melawan Atletico Madrid di stadion Benito Villamarin di Sevilla, Spanyol selatan, 11 April 2021.

Reaksi Emerson Royal dari Real Betis dalam pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara Real Betis melawan Atletico Madrid di stadion Benito Villamarin di Sevilla, Spanyol selatan, 11 April 2021.

Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Sejak 2019, ia dimiliki secara bersama oleh Blaugrana dan Real Betis.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona cukup agresif pada bursa transfer edisi terkini. Setelah mengamankan tanda tangan Sergio Aguero dan Eric Garcia, Barca resmi mendapatkan Emerson Aparecido Leite de Souza Junior.

Sejak 2019 lalu, bek kanan asal Brasil itu dimiliki secara bersama oleh Blaugrana dan Real Betis. Dua klub tersebut 'patungan' membeli sang pemain dari Atletico Mineiro.

Dalam dua musim perdana ia membela Betis. Kini Raksasa Katalan menggunakan hak mereka untuk sepenuhnya memiliki Emerson.

"Barcelona membayar sembilan juta euro (pada Real Betis), untuk menandatangani bek kanan tersebut," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Rabu (2/6).

Namun di masa depan, Betis mendapat hak 20 persen dari penjualan Emerson. Sebelumnya jebolan akademi Ponte Preta ini tak sabar untuk berbagi kamar ganti dengan Lionel Messi dan rekan-rekan. Meski ada tekanan tinggi di Barca, ia siap menghadapi hal itu. 

"Mulai 1 Juli (2021), kontrak saya dengan Betis berakhir, dan saya memiliki tiga tahun tersisa di Barcelona. Saya senang. Itu klub impian, sejak saya mulai bermain sepak bola. Setiap pesepak bola ingin bermain untuk Barcelona," kata Emerson, dikutip dari Marca, Sabtu (29/5).

Eks Atletico Mineiro itu tak tergantikan di pertahanan Betis. Sepanjang musim 2020/21 bergulir, yang bersangkutan tampil dalam 33 laga di berbagai ajang.

Kini, Emerson sedang bersama tim nasional Brasil. Armada Selecao memiliki dua agenda penting di depan mata. Ada kualifikasi Piala Dunia 2022, dan Copa America.

Fokus Emerson masih terarah ke sana. Ia termasuk pemain baru di skuat Samba. Ia menggantikan peran Dani Alves. 

Ia bangga dengan perjalanan karier singkatnya ini. Pada saat bersamaan pria kelahiran Sao Paulo itu mengaku sebagai pengagum Alves.

"Dia inspirator. Saya berharap bisa bertemu dengannya secara pribadi, dengan timnas, atau di luar dari itu. Saya belajar banyak darinya," ujar Emerson. 

Emerson bakal bersaing dengan Danilo da Silva untuk menembus starting xi Brasil. Nama terakhir merupakan andalan Juventus di era Andrea Pirlo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 

TERPOPULER