Rabu 02 Jun 2021 21:32 WIB

Butter BTS Rajai Billboard

Ini menjadi ke empat kalinya BTS merajai Billboard.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Superstar K-pop BTS melesat ke No. 1 Billboard Hot 100 pekan ini dengan single
Foto: Wikimedia
Superstar K-pop BTS melesat ke No. 1 Billboard Hot 100 pekan ini dengan single "Butter".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Superstar K-pop BTS melesat ke No. 1 Billboard Hot 100 pekan ini dengan single "Butter". Ini menandai keempat kalinya BTS mencapai puncak tangga lagu single dalam sembilan tahun terakhir.

Dilansir dari upi, Rabu (2/6), Billboard Hot 100 memadukan antara streaming AS, pemutaran radio, dan data penjualan di semua genre. Peringkat ini merupakan yang tercepat diraih BTS, setelah sebelumnya diraih Justin Timberlake.

Baca Juga

"Butter" yang merupakan lagu berbahasa Inggris kedua BTS, menarik 32,2 juta streaming di AS dan terjual 242.800 unduhan dalam sepekan setelah rilis 21 Mei 2021 lalu. Hal itu diungkapkan Billboard menggunakan angka dari data MRC. BTS juga menerima 18,1 juta tayangan pemirsa siaran radio dalam pekan terakhir di 30 Mei 2021.

Lagu baru ini melanjutkan rentetan puncak tangga lagu Billboard yang dimulai dengan "Dynamite" tahun lalu, single bahasa Inggris pertama BTS. "Life Goes On" lagu utama dari album ‘Be’, juga memulai debutnya di peringkat No. 1 pada Desember 2020, menandai pertama kalinya sebuah lagu dengan lirik Korea mencapai posisi teratas.

"Butter" adalah sebuah lagu dance-pop upbeat yang diungkapkan leader BTS, RM berharap lagu ini akan menjadi lagu musim panas untuk 2021. Video untuk single ini memecahkan rekor di YouTube dengan lebih dari 108 juta penayangan dalam 24 jam pertama, dan 3,9 juta penayangan bersamaan saat pemutaran perdana.

"Butter" juga memecahkan rekor platform musik Spotify untuk sebagian besar streaming hari pertama, dengan 20,9 juta. Lagu ini menyapu semua lagu dan melesat ke puncak tangga lagu iTunes di lebih dari 100 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Jerman, serta tangga lagu lokal di Korea Selatan dan Jepang.

Dengan debut "Dynamite", "Life Goes On", dan "Butter" di puncak Hot 100, BTS adalah grup pertama dengan tiga pintu masuk No. 1. Grup yang beranggotakan Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook ini akan mengadakan acara untuk penggemar mereka secara virtual pada 13-14 Juni 2021 mendatang, untuk memperingati ulang tahun kedelapan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement