Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Pelatihnya Digoda Everton, West Ham Yakin Pertahankan Moyes

Rabu 02 Jun 2021 18:49 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih West Ham United, David Moyes.

Pelatih West Ham United, David Moyes.

Foto: John Walton / Pool via AP
Ini bukan pertama kalinya Everton tertarik bekerja sama lagi dengan David Moyes.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama David Moyes disebut-sebut sebagai salah satu calon terkuat pengganti Carlo Ancelotti, yang memilih meninggalkan Everton dan hijrah ke Real Madrid. Selain keberhasilan membawa West Ham United finis di papan atas Liga Primer Inggris musim ini, Moyes juga memiliki faktor kedekatan dengan the Toffees.

Maklum, setelah mengawali karier kepelatihan bersama Preston North End, Moyes dipercaya menangani Everton pada 2002. Kerja sama antara pelatih asal Skotlandia itu bersama the Toffees pun terentang selama 11 tahun, sebelum akhirnya Moyes direkrut Manchester United pada 2013 untuk menggantikan Sir Alex Ferguson.

Setelah sempat menangani Real Sociedad dan Sunderland, Moyes ditunjuk untuk menangani West Ham United. Namun, setelah mengantarkan the Hammers bertahan di pentas Liga Primer Inggris pada musim 2017/2018, Moyes malah mendapatkan perpanjangan kontrak dari manajemen klub.

Pelatih berusia 58 tahun itu akhirnya kembali dipercaya menangani the Hammers pada Desember 2019. Pada kesempatan kedua menangani the Hammers, Moyes mampu membawa klub asal London itu tampil impresif pada musim ini.

West Ham United finis di peringkat keenam klasemen akhir Liga Primer Inggris musim ini dan tampil di pentas Liga Europa pada musim depan. Ini merupakan posisi tertinggi yang pernah ditorehkan West Ham sejak kembali promosi di Liga Primer Inggris musim 2012/2013 silam.

Catatan apik ini membuat Moyes tengah dibidik the Toffees untuk menjadi pengganti Ancelotti. Apalagi, saat direkrut West Ham United pada 2019, Moyes hanya dikontrak selama 18 bulan atau berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang.

Kendati begitu, West Ham dikabarkan telah mengaktifkan opsi perpanjangan satu tahun dalam kontrak Moyes tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, the Hammers juga disebut-sebut telah menawarkan kontrak berdurasi selama tiga tahun kepada Moyes.

''The Hammers cukup optimistis bisa mempertahankan Moyes di tengah-tengah godaan dari Everton. Negosiasi kontrak berdurasi tiga tahun antara manajemen West Ham dan perwakilan Moyes telah memasuki tahap lanjut,'' tulis laporan Sky Sports, Rabu (2/6).

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Everton tertarik untuk bekerja sama lagi dengan Moyes. Pada Desember 2019, setelah mengakhiri kerja sama dengan Marco Silva, manajemen Everton sempat mempertimbangkan untuk merekrut Moyes. Namun, manajemen the Toffees ternyata lebih memilih merekrut Carlo Ancelotti dengan durasi kontrak selama empat setengah tahun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA