Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Mantan Koki Bongkar Menu Makanan Kesukaan Ratu Elizabeth

Rabu 02 Jun 2021 14:38 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Menu harian yang disantap Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris kini terungkap.

Menu harian yang disantap Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris kini terungkap.

Foto: AP/Ben Stansall/AFP Pool
Sang Ratu memiliki setidaknya 20 koki di dapur kerajaan Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menu harian yang disantap Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris kini terungkap. Informasi itu disampaikan oleh Darren McGrady, salah satu mantan koki di Istana Buckingham yang menjadi juru masak personal sang ratu sejak 1982-1993.

Pada buku terbitannya, Eating Royally: Recipes and Remembrances from a Palace Kitchen, McGrady mengungkap frekuensi makan sang ratu. Begitu juga makanan favorit serta menu yang tidak terlalu disukai Ratu Elizabeth II yang dia ketahui selama bertugas.

Baca Juga

Sang ratu makan empat kali sehari, tapi hanya dalam porsi kecil, yakni pada sarapan, makan siang, teh sore, dan makan malam. Untuk sarapan, menu yang disukai bangsawan itu biasanya sederhana, secangkir teh dan biskuit, diikuti semangkuk sereal.

Beranjak ke makan siang, menunya agak berat yakni ikan panggang dengan bayam atau zukini. Menurut McGrady, Ratu Elizabeth II juga menyukai kombinasi ayam panggang dengan salad. Saat minum teh sore, sang ratu selalu menyantap scone dengan selai dan krim.

"Dia selalu minum teh sore di manapun dia berada di dunia. Kami terbang ke Australia dan berada di Royal Yacht. Saat itu pukul lima pagi, tetapi bagi Ratu saat itu pukul lima sore, jadi pekerjaan pertamaku hari itu adalah membuat scone," ujar McGrady.

Saat McGrady bekerja di istana, sang ratu memiliki 20 koki di dapur kerajaan. Sebelumnya dilaporkan bahwa kepala koki akan menyediakan menu kepada Ratu dua kali sepekan yang akan dipilih. McGrady membenarkan penerapan sistem menu itu.

Makanan favorit Ratu Elizabeth II adalah hidangan tradisional Inggris potted shrimp di atas roti panggang. Udang itu dimasak dan direndam dalam mentega pedas dengan bumbu rahasia, lalu disajikan dengan roti panggang hangat dan mentega leleh.

Sang Ratu hanya menikmati makanan gurih dalam porsi kecil, dan McGrady mengatakan bangsawan itu adalah penyuka makanan manis. Terutama cokelat, mulai dari keluaran jenama Charbonnel et Walker, Bendicks, dan Prestat, atau penganan lain serbacokelat.

Selama McGrady menjadi koki, sang ratu juga senang menyantap sandwich croque monsieur, dengan Gruyère leleh, ham, dan telur kocok. Sedangkan untuk makanan yang tidak disukainya, sang ratu tidak pernah secara langsung mengatakan itu.

Biasanya, dia akan meninggalkan pesan di buku catatan untuk staf jika tidak menginginkan menu serupa lagi. Ratu Elizabeth II tidak menyukai rasa yang kuat, seperti dari bawang putih dan bawang merah sehingga rempah itu tidak digunakan di Istana Buckingham.

Di antara anggota keluarga Kerajaan Inggris, ada beberapa yang hobi memasak, seperti Pangeran Philip, Pangeran William dan istrinya Kate Middleton, serta Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sementara, Ratu Elizabeth II tetap berjarak dari dapur.

Sang ratu juga tidak pernah memesan makanan cepat saji. "Ketika Anda memiliki 20 koki di dapur, mengapa harus melakukannya?  Anda dapat menelepon ke dapur dan memesan apapun yang Anda inginkan," kata McGrady, dikutip dari laman Independent, Rabu (2/6).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA