Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

5 Film Waralaba Terbaik yang Diproduksi Berurutan

Rabu 02 Jun 2021 12:00 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Film Avatar menjadi film dengan pendapatan tertinggi.

Film Avatar menjadi film dengan pendapatan tertinggi.

Foto: 20th Century Fox.
Beberapa produser mengeklaim tidak akan pernah membuat film-film ini lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Saat ini, semakin banyak film yang berdiri sendiri hingga menjadi film waralaba. Mereka menjadi sangat besar sehingga banyak studio yang ingin bekerja sama untuk memberikan tampilan gambar terbaik.

Pada satu titik, film John Wick 4 dan John Wick 5 direncanakan untuk mundur, dan pandemi Covid-19 membuatnya berhenti. Hal itu adalah salah satu hal yang paling berat untuk dilakukan dalam industri film. Beberapa produser mengeklaim tidak akan pernah membuat film-film mereka lagi, padahal film-film mereka telah menghasilkan pundi-pundi yang luar biasa.

1. Sekuel Avatar

photo
Film Avatar - (ist)
 

Apa yang terjadi dengan sekuel Avatar adalah misteri yang sempurna karena pengembangan dan produksinya sebagian besar dirahasiakan. Tetapi salah satu yang terungkap adalah bahwa mereka akan dirilis secara berurutan. Menurut Variety, poster utama untuk Avatar 2 sudah selesai, dan Avatar 3 sudah 95 persen selesai.

2. Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame

photo
Avengers: Endgame - (Disney/Marvel Studios via AP)
 

Meskipun tampaknya sutradara Russo bersaudara telah mengarahkan film MCU secara berurutan sejak mereka membuat Captain America: The Winter Soldier pada 2014, namun film MCU pertama yang benar-benar dibuat secara berurutan adalah dua film Avengers terakhir.

3. The Hunger Games: Mockingjay Part 1-2

photo
Jennifer Lawrence unggah foto pertama di The Hunger Games Mockingjay part 2 - ()
 

Setelah Warner Bros membagi buku terakhir Harry Potter menjadi dua film, begitu banyak studio lain mengikuti jalan yang sama.

Membagi buku menjadi dua film adalah win-win solution. Penonton akan mendapatkan lebih banyak detail dari novel, dan ini sangat menguntungkan bagi studio karena pada dasarnya menggandakan box office. Yang mengikuti jejak itu adalah The Hunger Games: Mockingjay Part 1-2.

4. Pirates of the Caribbean

photo
Salah satu adegan dalam film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides. - (Walt Disney Pictures.)
 

Film Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl sukses luar biasa. Tidak mengherankan jika Disney membuatnya menjadi dua sekuel. Film pertama adalah  yang berdiri sendiri yang menceritakan kisah lengkap. Mengejutkan bahwa Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest dan Pirates of the Caribbean: At World's End dibuat secara berurutan, karena termasuk jauh ke dalam cerita dari seri.

5. Trilogi The Lord of the Rings

photo
Adegan dari film Lord of the Rings - (New Line Cinema)
 

Meskipun ada banyak film yang dibuat secara berurutan sebelumnya, beberapa di antaranya bahkan berasal dari tahun 1940-an. Namun The Lord of the Rings yang tampaknya membuat studio menyadari itu sangat mungkin dilakukan dan juga menguntungkan secara finansial.

Film The Lord of the Rings tidak hanya memiliki dua sinema yang difilmkan secara berurutan, tetapi seluruh trilogi diambil dari awal hingga akhir membutuhkan total waktu 438 hari. Sekitar 10 tahun kemudian, sang sutradara melakukannya lagi dengan trilogi Hobbit.

 
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA