Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Home and Living

Rabu 02 Jun 2021 09:55 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi

Pekerja membawa kemasan paket dari Tokopedia (ilustrasi). Tokopedia menggelar kampanye Home Living Salebrations Mid-Year Sale Juni 2021 dengan menggandeng UMKM..

Pekerja membawa kemasan paket dari Tokopedia (ilustrasi). Tokopedia menggelar kampanye Home Living Salebrations Mid-Year Sale Juni 2021 dengan menggandeng UMKM..

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Tokopedia menggelar kampanye Home Living Salebrations Mid-Year Sale Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama kuartal I 2021, kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibandingkan kuartal I 2020. Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari.

Kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong Tokopedia terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan, melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living Salebrations Mid-Year Sale selama Juni 2021.

Baca Juga

"Home Living Salebrations menjadi salah satu panggung bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk terus beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi seperti Tokopedia," ungkap Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti, melalui keterangan resmi yang diterima Republika, Selasa (1/6).

Salah satu UMKM lokal, Sleep Buddy Bedding, meraup omzet hampir miliaran lewat Tokopedia. Founder Sleep Buddy Bedding, Indah Catur Agustin mulai memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia pada 2017. Indah mengaku sekitar 80 penjualan produknya berasal dari Tokopedia.

"Transaksi di toko kami juga naik hampir 20 kali lipat pada kuartal I 2021 dibanding kuartal I 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp 900 juta," kata Indah.

Bisnis Indah pun mampu memberdayakan banyak penjahit dari Purwantoro dan Wonogiri. Walau pandemi sempat menerpa semangatnya, Indah cepat bangkit untuk tetap fokus ke usahanya.

Selain itu ada pula Dekornata yang menggandeng pengrajin lokal untuk menghadirkan dekorasi berkualitas. Founder Dekornata Giovanno Warli, mengatakan, Dekornata berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.

"Semua produk kami asli buatan pengrajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan," ungkap Giovanno

Setelah bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan. Bahkan selama pandemi, omzet Dekornata pun melonjak hingga tiga kali lipat.

Selama kampanye Home Living Salebrations Mid-Year Sale berlangsung (1-30 Juni 2021), masyarakat bisa mendapatkan beragam nilai tambah, seperti Flash Sale serba Rp 6.000, diskon hingga 90 persen setiap hari, cashback hingga Rp 200 ribu, Mystery Box, Tokopedia Play Parade Seru hingga Online Bidding mulai dari Rp 10 ribu.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA