Satpol PP Segel Bangunan Perumahan Jayana Residence

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra

Satpol PP Kota Depok menyegel bangunan yang tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).
Satpol PP Kota Depok menyegel bangunan yang tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). | Foto: Dok Satpol PP Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Depok menyegel Perumahan Jayana Residence di Jalan Jabon, RT 01, RW 02, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Penyegelan dilakukan karena bangunan perumahan tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda Satpol PP Kota Depok, Taufiqurakhman,  perumahan tersebut melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 3 Tahun 2019 tentang Perizinan dan non-Perizinan. Kemudian, juga melanggar Perda Kota Depok Nomor 1 Tahun 2015 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, serta Perda Kota Depok Nomor02 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Bangunan dan IMB.

"Kami lakukan penyegelan berdasarkan surat pelimpahan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) karena bangunan tersebut tidak memiliki IMB," ujar Taufiqurakhman saat ditemui di antor Satpol PP Kota Depok, Selasa (1/6).

Menurut Taufiqurakhman, penyegelan dilakukan bersama tim gabungan dari Satpol PP Kota Depok dibantu TNI dan Polri. Sebanyak 70 personel dikerahkan untuk melakukan penyegelan. "Terdapat 103 unit rumah tinggal yang dilakukan penyegelan. Juga delapan unit ruko karena tidak memiliki IMB," terangnya.

Taufiqurakman menuturkan, setelah penyegelan, pemilik bangunan harus segera mengurus perizinan sesuai dengan persyaratan, mulai dari mengurus syarat bangunan sesuai aturan yang berlaku. "Pemilik bangunan akan diberikan waktu selama enam bulan untuk mengurus proses IMB," ucapnya.

Dia menyebut, jika hingga total waktu enam bulan dari tanggal yang tertera dalam berita acara, pemilik bangunan belum juga mendapat surat perizinan maka dilakukan penetapan pembongkaran merujuk surat perintah Wali Kota Depok.

"Tentu dibongkar sesuai izin Wali Kota jika pemilik tidak melaporkan surat izin bangunan selama  tenggat waktu yang sudah diberikan untuk mengurus IMB," kata Taufiqurakman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PTM di Depok Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19

Ribuan Tenaga Pendidik di Depok Kembali Terima Vaksin

Dinkes Kota Depok Ajak Warga Cegah Hipertensi

Minat Baca Warga Kota Depok Setiap Tahun Meningkat

Warga Masuk Kota Depok Usai Libur Lebaran Dites Antigen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image