Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Pertamina dan Rumah Zakat Adakan Pelatihan Budidaya Maggot

Rabu 02 Jun 2021 06:34 WIB

Red: Gita Amanda

Pertamina Fuel Terminal Samarinda bersama Rumah Zakat menggandeng Ahasa Larva Group mengadakan pelatihan budidaya maggot.

Pertamina Fuel Terminal Samarinda bersama Rumah Zakat menggandeng Ahasa Larva Group mengadakan pelatihan budidaya maggot.

Foto: Rumah Zakat
Maggiot bisa mengurai sampah organik lebih cepat menjadi kompos

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Maggot BSF (Black Soldier Fly) adalah jenis serangga kecil yang memiliki potensi ekonomi untuk dikembangkan sekaligus bisa membantu mengurai sampah organik secara lebih cepat menjadi kompos.

Pertamina Fuel Terminal Samarinda bersama Rumah Zakat menggandeng Ahasa Larva Group mengadakan pelatihan budidaya maggot untuk meningkatkan pengetahuan maupun kemampuan komunitas bank sampah dalam melakukan pengolahan sampah, khususnya sampah organik.

Pelatihan ini diadakan di Jalan Merdeka No.10 RT.88 Sungai Pinang Dalam Samarinda jam 09.00 pada Selasa (26/5), dan diikuti oleh delapan orang pengurus Bank Sampah Perseka dan Ceseri. Para peserta antusias menyimak materi yang diberikan dalam tiga sesi. Semuanya interaktif bertanya dan berdiskusi mengenai maggot ini.

Dalam pemaparannya, Wahyu salah satu pemateri menyebutkan selain bisa dijadikan alternatif untuk
masalah sampah organik terutama sampah organik dapur, Maggot BSF juga sangat kaya akan protein
sehingga cocok digunakan sebagai substitusi pakan ternak seperti unggas dan ikan. Jadi selain tujuan
utama untuk membuat lingkungan menjadi bersih, kegiatan budidaya maggot BSF ini juga bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi pelakunya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA