Selasa 01 Jun 2021 21:24 WIB

Vaksinasi di Sukabumi Mulai untuk Warga 50 Tahun ke Atas

Capaian vaksinasi lansia Sukabumi masih kurang yakni sekitar 14.22 persen

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Seorang warga lanjut usia (lansia) di Kota Sukabumi menjalani vaksinasi Covid-19 di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi . (ilustrasi)
Foto: Republika/riga nurul iman
Seorang warga lanjut usia (lansia) di Kota Sukabumi menjalani vaksinasi Covid-19 di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi . (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi mulai menyasar warga usia 50 tahun ke atas. Sebelumnya vaksinasi ditujukan kepada kalangan lanjut usia (lansia) dengan usia 60 tahun ke atas.

''Berdasarkan arahan pemerintah pusat, maka kini sasaran vaksin diperluas untuk warga dengan usia 50 tahun ke atas,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati, Selasa (1/6). Sehingga mulai Senin (31/5) lalu vaksinasi Covid-19 mulai dilakukan kepada warga usia 50 tahun ke atas atau rentang 50-59 tahun.

Baca Juga

Pada saat bersamaan juga lanjut Lulis, vaksinasi untuk kalangan lansia usia 60 tahun ke atas tetap dilanjutkan. Selain itu vaksinasi juga dilakukan bagi penyandang disabilitas dengan usia 18 tahun ke atas.

Lulis menerangkan, vaksinasi Covid akan dilakukan pada Rabu (2/6) dan Kamis (3/6) di puskemas dan satu kantor kecamatan yakni Citamiang. Puskesmas yang menggelar vaksinasi yakni Puskesmas Selabatu, Puskemas Sukabumi (Aula SMA 3 Sukabumi), Puskesmas Cibeureum, Puskesmas Limusnunggal, Puskesmas Cibeureum Hilir, Puskesmas Baros, dan Puskesmas Cikundul.

Berikutnya Puskesmas Lembursitu, Puskesmas Sukakarya, Puskesmas Benteng, Puskesmas Karangtengah, Puskesmas Pabuaran, dan Puskesmas Cipelang. Selain itu vaksinasi juga akan dilakukan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi pada Sabtu 5 Juni 2021.

Menurut Lulis, bagi pengantar lansia dan warga di atas usia 50 tahun dapat divaksin dengan syarat usia 18 tahun ke atas. Sebab di Kota Sukabumi masih menerapkan satu orang pendamping yang mengantarkan dua lansia atau warga di atas 50 tahun dapat divaksin.

Di sisi lain, saat ini capaian vaksinasi untuk lansia masih kurang yakni sekitar 14.22 persen dari total lansia di Kota Sukabumi sebanyak 38.119 orang (Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC PEN-red). Oleh karena itu upaya mendorong peningkatan capaian untuk vaksinasi lansia di Kota Sukabumi terus dilakukan.

''Saat ini kami membuat pusat vaksinasi dan posko berbasis wilayah sehingga lokasi mudah diakses warga khususnya lansia,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Harapannya upaya itu dapat mencapai target untuk vaksinasi terutama lansia.

Pemkot kata Fahmi, terus meminta tambahan kuota agar seluruh warga dapat tervaksin. Sebelumnya kendala jarak terkonsentrasi di Gedung Juang 45 dan kini disebar berbasis wilayah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement