Selasa 01 Jun 2021 16:29 WIB

Polresta Banyumas Gelar Tes Antigen pada Tahanan

Tes antigen dilakukan oleh tim Dokkes Polresta Banyumas.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas kesehatan melakukan tes swab antigen sebagai upaya mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.
Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas
Petugas kesehatan melakukan tes swab antigen sebagai upaya mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan tahanan, Polresta Banyumas, Jawa Tengah, menggelar tes antigen pada seluruh tahanannya. Seluruhnya ada 57 tahanan di Mapolresta Banyumas. 55 tahanan merupakan tahanan Polresta, dan dua lainnya merupakan tahanan titipan Kejaksaan Negeri Purwokerto.

Namun mengingat jumlah rigen antigen yang terbatas, Kasat Tahti Polresta Banyumas, Iptu Siswanto, mewakili Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim, menyebutkan tidak semua tahanan mendapatkan tes antigen.

''Tes antigen kita lakukan secara random. Agar bisa mencerminkan hasil secara keseluruhan, tes antigen kita lakukan pada tahanan yang berisiko terjangkit Covid-19,'' jelasnya, Selasa (1/6).

Dari hasil tes antigen tersebut, sejauh ini tidak ada tahanan yang terpapar Covid-19. ''Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada yang positif,'' katanya.

Ia menyebutkan, tes antigen dilakukan oleh tim Dokkes Polresta Banyumas. Sedangkan tahanan yang dilakukan tes antigen ada sebanyak delapan tahanan. ''Tes swab antigen ini kita lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya klaster baru Covid-19 di kalangan tahanan,'' ujarnya.

Dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di kalangan tahanan, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan cukup ketat. ''Termasuk keluarga tahanan yang hendak membesuk, kami periksa kondisinya. Jangan sampai mereka membawa penyakit di lingkungan tahanan,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement