Selasa 01 Jun 2021 16:08 WIB

FE Unissula Bidik Akreditasi Internasional AACSB

Masih ada sejumlah rencana untuk mendorong peningkatan standar kualitas akademik.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus Unissula
Foto: Unissula
Kampus Unissula

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah, telah meraih akreditasi The Alliance on Bussiness Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization (ABEST21). Keberhasilan meraih akreditasi internasional tersebut bukanlah capaian akhir bagi FE Unissula.

Masih ada sejumlah rencana untuk mendorong peningkatan standar kualitas akademik yang akan menjadi target fakultas ke depan. Dekan FE Unissula, Prof Olivia Fachrrunnisa mengungkapkan, perolehan akreditasi internasional ABEST21 bukanlah akhir dari ‘perjuangan’ yang kini terus dilakukan jajarannya.

Karena FE Unissula juga telah mempersiapkan diri untuk meningkatkan standar kualitas akademis, baik melalui akreditasi berskala nasional maupun akreditasi berskala internasional lainnya. Khusus untuk akreditasi internasional, kini pihaknya tengah membidik akreditasi Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB).

“Setelah ABEST21 untuk Prodi S1 Akuntansi dan Manajemen, FE mempersiapkan diri untuk akreditasi nasional dan meningkatkan standar kualitas akademis untuk akreditasi internasional lainnya seperti AACSB”, jelasnya, di Semarang, Selasa (1/6).

 

Di luar rencana itu, Fachrrunnisa juga berharap seluruh komponen FE Unissula dapat mengimplementasikan standar quality assurance ABEST21 secara kontinu dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Sehingga nantinya akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan akademis di lingkungan fakultas.

“Harapannya, nantinya FE dapat mengimplementasikan standar quality assurance sesuai standar ABEST21 secara terus-menerus dalam Tridharma Pergurun Tinggi yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan akademis para faculty member,” ujarnya.

Mengutip pernyataan President of ABEST, Prof Fumio Itoh menginginkan agar FE Unissula mampu mempertahankan quality assurance sesuai standar ABEST21. “Termasuk pesan kepada FE Unissula untuk terus bekerja sama dengan perguruan tinggi lain untuk saling membantu dan bekerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas akademis program studinya,” tegas dia.

Sementara itu Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD menyambut baik capaian FE Unissula tersebut. Menurutnya, di era persaingan global seperti sekarang ini sangat penting untuk memiliki standar internasional.

Terutama dalam hal peningkatan mutu pendidikan akademiknya. “Sehingga lulusan dari prodi ang terakreditasi bisa bersaing dan diakui kualitasnya di lingkup nasional maupun juga internasional,” ungkapnya.

Bagi rektor, akreditasi internasional yang sudah dicapai oleh FE Unissula juga membuktikan kesungguhan lembaga pendidikan tingginya dalam upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi akademik.

“Maka ini juga memperlihatkan komitmen tinggi Unissula untuk terus memberikan layanan pendidikan tinggi yang bermutu agar bisa melahirkan generasi- genarasi yang terbaik bagi bangsa ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement