Selasa 01 Jun 2021 09:54 WIB

Jangan Kaget, Google Photos Akhiri Penyimpanan Gratisnya

Mulai 1 Juni, pengguna Google Photos hanya menerima ruang penyimpanan gratis 15 GB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Hiru Muhammad
Google Photos. Ilustrasi
Foto: CNN
Google Photos. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Bagi anda yang memiliki penyimpanan data foto di Google Photos, jangan kaget. Google Photos mengakhiri kebijakan penyimpanan gratis tanpa batas untuk gambar dengan resolusi tinggi dan resolusi ekspress mulai 1 Juni. Seusai Mashable, foto dan video berkualitas tinggi yang ada dikecualikan dari ini dan tidak akan dihitung untuk penyimpanan default 15GB yang disertakan dengan akun Google.

Perubahan kebijakan diumumkan akhir tahun lalu. Jika Anda hanya mengandalkan Google Photos untuk mencadangkan semua gambar dan video, Anda akan segera mulai mengkhawatirkan ruang penyimpanan di akun Anda.

Perubahan kebijakan juga berarti Google ingin lebih banyak konsumen membayar layanan penyimpanan. Mulai 1 Juni, setiap pengguna Google Photos hanya akan menerima ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB.

Dilansir dari ANI news, Selasa (1/6), media apa pun yang Anda unggah ke layanan setelah bulan pertama yang melebihi 15GB gratis tersebut akan memerlukan paket berlangganan berbayar. Langganan tersebut akan mulai dari 1,99 dolar Amerika Serikat (AS), per bulan untuk 100GB.

Itu mungkin terdengar murah, tetapi ingat, karena foto dan video menumpul saat Anda mengunggah lebih banyak dari waktu ke waktu, Anda mungkin harus meningkatkan ke paket yang lebih mahal.

Cara mengunggah ke Google Photos

Masuk ke akun Google Anda dan buka “photos.google.com” di browser web Anda. Ini semudah menyeret dan menjatuhkan foto dan video Anda langsung ke halaman.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi Google Photos Mac atau PC dan mengunggah foto dari desktop atau laptop di latar belakang saat Anda melakukan hal lain di komputer. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Google Photos iOS atau Android untuk mengunggah konten dengan mudah dari perangkat seluler dan tablet mereka juga.

Satu-satunya pengecualian untuk perubahan paket Google Photos adalah untuk ponsel Google Pixel yang ada. Sementara versi masa depan dari lini ponsel pintar Google juga harus membayar untuk penyimpanan Google Photos, model saat ini akan terus mendapatkan penyimpanan gratis tanpa batas dengan kualitas foto yang bervariasi tergantung pada ponsel mana yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba layanan alternatif lain seperti Flickr, Microsoft OneDrive dan Adobe Creative Cloud. Google Photos telah diluncurkan pada Mei 2015. Selama lima tahun terakhir, lebih dari 4 triliun foto telah diunggah ke platform ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement