Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Ingin Mulai Berinvestasi? Pahami Dulu Tujuan dan Manfaatnya

Selasa 01 Jun 2021 08:52 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Ingin Mulai Berinvestasi? Pahami Dulu Tujuan dan Manfaatnya
Ingin mencoba berinvestasi untuk pertama kalinya?

Investasi merupakan aktivitas keuangan yang dilakukan dalam bentuk pengalokasian atau penempatan sejumlah dana untuk jangka waktu tertentu. 

Aktifitas ini akan membawa sejumlah keuntungan atau peningkatan nilai dana yang ditempatkan tersebut. Pada dasarnya, ada banyak instrumen investasi yang dapat dijadikan pilihan, beberapa bahkan terbilang sudah sangat familiar untuk kebanyakan orang.

Lakukan Kegiatan Investasi dengan Tujuan yang Jelas 

Jika kamu selama ini belum melakukan investasi di dalam keuangan, maka sudah saatnya kamu memulainya sekarang. 

Tidak selalu rumit dan membutuhkan jangka waktu panjang, beberapa instrumen investasi bahkan bisa saja kamu miliki untuk jangka pendek saja. Pemilihan instrumen investasi ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan keuangan kamu sendiri. 

Namun sebelumnya, pastikan kamu memahami dengan baik tujuan dan juga manfaat yang bisa kamu dapatkan:

 

Tujuan Investasi

tujuan investasi

 

Pada dasarnya, tujuan investasi bukanlah membuat kamu segera menjadi seorang yang kaya raya. Investasi bukan sebuah “mesin instan” yang bisa memberikanmu keuntungan luar biasa dalam waktu super singkat. 

Investasi akan membutuhkan proses, komitmen kuat, serta sikap bijak dan tenang dalam mengambil keputusan. Inilah yang menjadi alasan mengapa sangat penting untuk menentukan tujuan investasi yang jelas dan tepat sejak awal. 

Berikut ini adalah beberapa tujuan investasi yang wajib kamu pahami dengan baik:

1. Mendapatkan penghasilan tetap di dalam keuangan

Investasi akan memberikan kamu keuntungan, bahkan bisa saja penghasilan tetap setiap bulannya. Hal ini bisa kamu wujudkan, jika kamu melakukan investasi dalam bentuk modal di sebuah perusahaan yang memungkinkan kamu mendapatkan sejumlah persentase keuntungan setiap bulannya.

Misalnya: kamu menginvestasikan dana pada sebuah perusahaan minuman ringan. Dari investasi ini kamu akan mendapatkan sejumlah persentase dari keuntungan perusahaan tersebut setiap bulannya.

2. Membantu mengembangkan bisnis kamu

Saat kamu berinvestasi dan mendapatkan sejumlah keuntungan dari aktivitas tersebut, maka kamu leluasa mengalokasikan keuntungan ini. kamu bisa menggunakan laba tersebut sebagai tambahan modal di dalam bisnis yang kamu jalankan, sehingga bisnis tersebut semakin berkembang ke depannya.

3. Menjadi jaminan di dalam bisnis kamu

Investasi juga bisa menjadi jaminan keberlangsungan bisnis kamu ke depannya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara menanamkan modal di perusahaan supplier yang menjadi mitra bisnis kamu selama ini. 

Ketersediaan bahan baku untuk bisnis kamu akan terjamin dan aman. Selain itu, kamu juga tentu akan diuntungkan dengan harga bahan baku yang lebih murah dan selalu lancar sepanjang waktu.

Baca Juga: Masih Muda dan Single, Begini Cara Kelola Gaji Rp5 Juta Biar Bisa Investasi Reksadana

Manfaat Investasi 

manfaat investasi

Bukan hanya tujuannya saja, kamu juga perlu memahami dengan baik apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari investasi. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan manfaat dan juga keuntungan maksimal dari kegiatan ini. 

Simak beberapa manfaat investasi berikut ini, yang perlu kamu pahami dengan baik: 

1. Meningkatkan nilai aset

Peningkatan nilai aset merupakan salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi. Manfaat yang satu ini bahkan bisa saja menjadi begitu tinggi, jika sejak awal kamu sudah merencanakan dengan matang dan memilih instrumen investasi yang tepat.

Misalnya: kamu membeli sebidang tanah dengan harga yang murah di lokasi yang memiliki potensi perkembangan ekonomi yang baik. Belasan tahun kemudian, harga tanah ini naik berkali lipat dan memberi nilai yang jauh lebih tinggi pada investasi kamu tersebut.

2. Memenuhi kebutuhan keuangan di masa depan

Terpenuhinya kebutuhan keuangan di masa yang akan datang merupakan manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari investasi. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan tujuan investasi itu sendiri. Contohnya: kamu melakukan investasi pada sebidang tanah, di mana kelak tanah ini kamu persiapkan sebagai salah satu sumber dana pensiun kamu.

3. Membantu kamu menerapkan gaya hidup sederhana

Investasi juga bisa membantu kamu menerapkan gaya hidup yang hemat, di mana kamu akan memprioritaskan uang untuk melakukan investasi. kamu tidak akan membelanjakan uang untuk berbagai hal yang tidak penting. 

4. Menghindari hutang

Masih berkaitan dengan poin di atas, investasi juga akan membantu kamu menghindari hutang. Saat kamu sudah terbiasa menjalankan hidup dengan sederhana dan hemat, maka sudah tentu kamu memiliki kondisi keuangan yang sehat. Kamu akan mampu memenuhi semua kebutuhan dengan baik, sehingga tidak memiliki resiko menimbulkan hutang yang membebani keuangan kamu.

Baca Juga: Gaji di Bawah UMR Mau Investasi, Harus Mulai Dari Mana?

Pelajari dan Mulai Investasi

Investasi harus memiliki tujuan yang tepat, agar bisa memberikan manfaat yang maksimal di dalam keuangan. Hal ini sangat penting untuk kamu pahami, terutama jika selama ini kamu belum familiar dengan aktivitas keuangan yang satu ini. Mulailah belajar tentang investasi, agar kamu bisa segera menjalankan investasi yang menguntungkan di dalam keuangan kamu.

Baca Juga: Investasi Kripto vs Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/ingin-mulai-berinvestasi-pahami-dulu-tujuan-dan-manfaatnya
Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA