Selasa 01 Jun 2021 00:17 WIB

Brasil Gantikan Argentina Tuan Rumah Copa America 2021

Kolombia dan Argentina batal jadi penyelenggara Copa America 2021.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Copa America 2021
Foto: Wikipedia
Copa America 2021

REPUBLIKA.CO.ID, LUQUE -- Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) bergerak cepat dalam menentukan tuan rumah Copa America 2021. Conmebol memilih Brasil.

Sebelumnya, Kolombia dan Argentina ditetapkan sebagai penyelenggara turnamen tersebut, pada edisi terkini. Pekan lalu, hak Kolombia dicabut. Itu karena gejolak politik tak menentu di negara tersebut. Teranyar, Argentina juga batal jadi penyelenggara.

Baca Juga

Terjadi lonjakan kasus covid-19 di negeri asal mendiang Diego Armanda Maradona ini. Sebagai langkah solutif, Conmebol mencari tempat lain.

"Conmebol mengonfirmasi Copa America 2021 akan dimainkan di Brasil," demikian laporan yang dikutip dari Independent.co.uk, Selasa (1/6).

Dengan demikian, secara beruntun, Negeri Samba menjadi tuan rumah. Pada 2019 lalu, turnamen ini berlangsung di sana. Saat itu, Selecao keluar sebagai jawara. 

Sejenak Conmebol bernafas lega. Dalam beberapa jam ke depan, mereka akan menentukan detail jadwal dan venue pertandingan.

Rencananya, Copa Amerika 2021, berlangsung dari 13 Juni hingga 10 Juli mendatang. Kurang dari dua pekan lagi, partai pembukaan berlangsung.

Perubahan berlangsung cepat, selama beberapa hari terakhir. Menurut ESPN, Kolombia sempat meminta agar turnamen ini ditunda. Conmebol menolak usulan negara tersebut. Pada 20 Mei, terjadi kerusuhan di sana.

Di Argentina, terdapat lonjakan kasus corona. Pada akhir pekan lalu, sekitar 348 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus tersebut. 

Dengan demikian, rekor pertama kalinya ada  tuan rumah di Copa America gagal terukir. Sebanyak 10 negara bertanding di turnamen ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement