Selasa 01 Jun 2021 03:48 WIB

Makanan Kaya Nutrisi Ini untuk Menjaga agar Tulang Sehat

Orang dewasa sehat butuh 700 milligram kalsium sehari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nur Aini
Untuk tetap sehat, asupan kalsium harus jadi perhatian dalam makanan sehari-hari.
Foto: Flickr
Untuk tetap sehat, asupan kalsium harus jadi perhatian dalam makanan sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada jenis makanan tertentu yang perlu dikonsumsi untuk menjaga tulang tetap sehat. Ahli biologi dan pakar diet nabati Veronika Charvátová mengatakan, sebaiknya seseorang tidak lupa menyantap makanan dengan sejumlah nutrisi penting.

Jenis makanan pertama adalah yang kaya kalsium. Orang dewasa sehat butuh 700 milligram kalsium sehari. Sumber nabati utamanya adalah almond, biji wijen, biji chia, kacang-kacangan, tahu, buah ara kering, jeruk, kangkung, dan brokoli.

Baca Juga

"Suplemen multivitamin yang mengandung kalsium dapat berkontribusi, tetapi tidak disarankan mengonsumsi suplemen kalsium dosis tinggi karena asupan lebih dari 2.000 miligram sehari mungkin berbahaya," kata Charvátová.

Makanan lain adalah yang mengandung vitamin D, sebab nutrisi ini penting untuk penyerapan kalsium dan membantu menyimpannya di dalam tubuh. Manusia bisa mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari, juga dari suplemen (disarankan 400 IU).

Tulang juga butuh vitamin A, C, K, dan B, serta mineral, seperti magnesium, kalium, selenium, boron, besi, tembaga, dan seng. Pola makan nabati yang sehat menyediakan semuanya, dengan buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sementara, ada juga makanan yang harus dihindari supaya tidak merusak tulang. Charvátová menyampaikan bahwa konsumsi berlebih makanan manis, makanan olahan, minuman bersoda, kafein, dan asupan garam tinggi dapat menyebabkan hilangnya kalsium.

Peneliti nutrisi dan kesehatan di Viva! Health itu tidak menganjurkan merokok, sebab kebiasaan itu mengurangi penyerapan kalsium dari makanan. Begitu juga minum alkohol yang sama sekali tidak baik untuk tulang, dikutip dari laman Plant Based News.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement