Senin 31 May 2021 23:25 WIB

Pemprov Sumbar Perintahkan Pengibaran Bendera Merah Putih

Pemprov Sumbar Perintahkan Pengibaran Bendera Merah Putih

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Pemprov Sumbar Perintahkan Pengibaran Bendera Merah Putih. Foto:  Warga mengibarkan bendera Merah Putih. (ilustrasi)
Foto: Antara/Zulkifli
Pemprov Sumbar Perintahkan Pengibaran Bendera Merah Putih. Foto: Warga mengibarkan bendera Merah Putih. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Memperingati hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2021 mendatang, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memerintahkan pengibaran bendera putih pada setiap kantor pemerintahan dan swasta di Sumatera Barat. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga menghimbau masyarakat untuk ikut mengibarkan bendera merah putih di rumah dan lingkungan masing-masing.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Sumatera Barat, Jasman Rizal mengatakan pengibaran bendera merah putih pada tanggal 1 Juni ini sejalan dengan telegram dari Kementerian Dalam Negeri untuk seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Baca Juga

"Menindaklanjuti telegram dari Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Diskominfo dan Statistik akan berperan aktif untuk mensosialisasikan perihal pengibaran bendera merah putih ini, baik di lingkungan perkantoran pemerintah dan swasta, maupun di perumahan masyarakat," kata Jasman, Jumat (28/5).

Masih dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga akan melaksanakan upacara peringatan yang dilakukan secara daring, yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Selain pelaksanaan upacara peringatan, hari lahir Pancasila kali ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yang melibatkan seluruh instansi pemerintah, swasta dan masyarakat Sumatera Barat.

Jasman menyebut peringatan hari lahir Pancasila kali ini masih menitikberatkan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara daring. Karena situasi pandemi covid-19 yang masih mendera Indonesia. Namun Jasman berharap peringatan kali ini pun tetap membawa kekhidmatan dan semangat yang sama.

"Memang peringatan kali ini masih cenderung sama dengan peringatan beberapa tahun terakhir, karena situasi pandemi covid-19 yang kita hadapi. Namun Insya Allah kondisi ini tidak mengurangi semangat dalam memperingati hari kelahiran Pancasila, serta pengejawantahan nilai-nilainya pada kehidupan sehari-hari masyarakat sumbar," ucap Jasman Rizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement