Senin 31 May 2021 17:24 WIB

Jurnalis Dituntut Bantu Perbaiki Pendidikan di Indonesia

Seorang jurnalis berperan mengedukasi masyarakat dan melakukan kontrol sosial.

Pengamat Pendidikan, Ikhsyat Sykur.
Foto: Tangkapan layar
Pengamat Pendidikan, Ikhsyat Sykur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang jurnalis atau wartawan tidak hanya sekadar membuat berita saja. Wartawan menurut pengamat pendidikan Ikhsyat Syukur adalah profesi mulia karena bisa menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat luas. Karena peran strategis itu, seorang wartawan dituntut ikut membantu pemerintah memperbaiki pendidikan di Indonesia.

"Jurnalis bisa turut membantu pemerintah dalam perbaikan pendidikan di Indonesia. Karena dampak pandemi Covid-19 di sektor pendidikan ini, jurnalis juga dapat terus memberikan informasi yang baik demi kemajuan pendidikan serta untuk mengejar ketertinggalan karena learning loss," kata Ikhsyat Syukur saat memberikan materi pada Pelatihan Jurnalistik Peserta Program Fellowship Angkatan ke-2 gelaran Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) secara daring, Senin (31/5).

Ia juga mengingatkan para wartawan bisa membuat karya jurnalistik berkualitas sehingga bisa ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua itu sesuai dengan Pembukaan UU 1945 terkait cita-cita bangsa. "Jadi, kawan-kawan pers punya peran penting untuk membantu mencapai cita-cita kemerdekaan atau pendiri bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Ikhsyat.

"Peran ini," kata dia, "sesuai dengan pembukaan UUD 1995 yang selalu digaungkan saat upacara bendera, kata-kata yang sangat terkenal itu."

Penggagas Sekolah Ilmuwan Minangkabau (SIM) ini berkata, tugas utama seorang jurnalis adalah terkait moral, yakni menyampaikan informasi yang benar, valid, objektif, dan berimbang. Seorang jurnalis, kata dia, memiliki peran sosial, seperti memberikan edukasi kepada masyarakat melalui karya jurnalistik yang berkualitas dan melakukan kontrol sosial kepada penyelenggaraan negara.

“Secara moral, media memiliki peran dan tanggung jawab sebagai penyampai informasi yang benar. Artinya menyampaikan berita secara akurat atau valid, objektif, dan berimbang,” tegasnya.

Di beberapa negara, media dipercaya sebagai pilar keempat negara. Namun, menurutnya saat ini media justru dijadikan alat memanipulasi opini publik di dunia maya atau media sosial.

“Media mainstream juga sering mengamplifikasi isu atau opini publik yang tengah ramai diperbincangkan pengguna media sosial ke dalam pemberitaan media. Thomas Jefferson pernah mengatakan, bahwa lebih baik memiliki pers tanpa pemerintah, daripada memiliki pemerintah tanpa pers. Pernyataan presiden ke-3 Amerika Serikat yang sangat monumental bagi dunia pers ini juga disebut-sebut menandai lahirnya pers sebagai pilar keempat demokrasi di Amerika,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement