Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Bank Sentral Swedia Lanjut Ujicoba Mata Uang Digital

Selasa 01 Jun 2021 08:08 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bank Sentral Swedia Lanjut Ujicoba Mata Uang Digital (Foto: Kliring Berjangka Indonesia)

Bank Sentral Swedia Lanjut Ujicoba Mata Uang Digital (Foto: Kliring Berjangka Indonesia)

Swedia telah membuat sejumlah langkah menuju mata uang digital

Swedia telah membuat sejumlah langkah menuju mata uang digital bank sentralnya sendiri, atau CBDC, yang disebut e-krona. The Sveriges Riksbank, bank sentral negara, sekarang mencoba bereksperimen dengan aset menggunakan pihak non-simulasi.

"Oleh karena itu, uji coba e-krona beralih dari hanya memiliki peserta simulasi, menjadi kerja sama dengan peserta eksternal di lingkungan pengujian," kata bank sentral dikutip dari Cointelegraph, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Bank Sentral Ini Yakin Bitcoin Akan Hidup di Negaranya

Eksperimen ini akan melibatkan partisipasi antara Riksbank dan Handelsbanken, jaringan bank ritel yang berbasis di Swedia.

Pada bulan Januari, Riksbank menguraikan bahwa bukti konsep e-krona memanfaatkan Corda, solusi teknologi buku besar terdistribusi, atau DLT, berasal dari R3. Swedia telah berada di jalur CBDC selama lebih dari setahun. April membawa berita bahwa negara tersebut telah menyelesaikan bagian awal dari uji coba CBDC-nya.

"Untuk Handelsbanken, proyek ini berarti kesempatan untuk berpartisipasi dalam apa yang mungkin menjadi salah satu uang yang dikeluarkan bank sentral digital pertama di dunia yang tersedia untuk umum," lanjutnya.

CBDC adalah topik hangat pada tahun 2020, dengan negara-negara melanjutkan pengejaran mereka pada tahun 2021. China sebagian besar memimpin tuntutan dalam hal ambisi CBDC, meskipun Bahama meledak pada musim gugur yang lalu dengan peluncuran CBDC pertama, menyebut mata uangnya Dolar Pasir.

Baru-baru ini, Lael Brainard, gubernur Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat, mengungkapkan pentingnya CBDC dalam kaitannya dengan posisi negara sebagai mata uang cadangan dunia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA