Senin 31 May 2021 16:04 WIB

Hindari Corona, Pekerja Renault-Nissan India Pilih Libur

Ratusan pekerja di dekat Chennai jatuh sakit karena Covid-19.

Nissan Kicks diluncurkan di India.
Foto: NDTV
Nissan Kicks diluncurkan di India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekerja di pabrik Renault-Nissan di India selatan tidak bekerja pada hari Senin (31/5). Menurut surat serikat pekerja, hal ini karena masalah keamanan terkait virus corona.

Ford dan Hyundai juga telah menutup pabrik di selatan selama seminggu terakhir menyusul protes atas masalah keamanan COVID-19."Tidak akan aman bagi pekerja untuk melapor untuk bekerja pada hari Senin tanggal 31 Mei 2021," kata serikat pekerja Renault-Nissan India dalam sebuah surat yang dikirim Ahad malam.

Baca Juga

Ratusan pekerja di dekat Chennai jatuh sakit karena COVID-19. Puluhan lainnya meninggal tahun ini.

Pada hari Ahad (30/5), para pemimpin serikat pekerja mengatakan kepada Renault-Nissan bahwa tuntutan terhadap perusahaan terkait keamanan bekerja belum dipenuhi. Pekerja menuntut tindakan jarak sosial yang memadai, rehabilitasi keluarga pekerja yang meninggal dan perawatan medis bagi mereka yang terkena Covid-19.

Serikat pekerja juga mengatakan Renault-Nissan hanya memvaksinasi 200 pekerja dengan dosis pertama. Perusahaan tersebut mengatakan kepada pengadilan setempat pekan lalu bahwa pabrik tersebut memiliki tenaga kerja lebih dari 8.000 orang.

Pemerintah negara bagian pada hari Sabtu mengizinkan pembuat mobil untuk terus beroperasi meskipun ada protes dari para pekerja. Namun, otoritas mendesak perusahaan untuk mengikuti protokol jarak sosial dan memvaksinasi semua karyawan dalam waktu satu bulan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement