Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

ASN Banyak yang Pensiun, Pemkot Sukabumi Kekurangan ASN

Senin 31 May 2021 14:30 WIB

Rep: riga nurul iman / Red: Hiru Muhammad

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melepas sebanyak 18 orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Sukabumi yang masuk masa purna bhakti di Balai Kota Sukabumi, Senin (31/5).

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melepas sebanyak 18 orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Sukabumi yang masuk masa purna bhakti di Balai Kota Sukabumi, Senin (31/5).

Foto: riga nurul iman
Dalam setahun ada sekian ratus orang ASN Pemkot Sukabumi yang harus dilepas.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Jumlah aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Sukabumi setiap tahunnya berkurang seratusan orang. Sebab setiap bulannya ada sekitar 14 hingga 18 orang ASN yang masuk masa purna bhakti

Pemerintah Kota Sukabumi kembali melepas sebanyak 18 orang aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki masa purna bhakti per 1 Juni 2021 di Balai Kota Sukabumi, Kamis (31/5).

Dalam momen itu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan pengorbanan para ASN selama di lingkup Pemkot Sukabumi. Selain wali kota, pada acara itu hadir Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan.

'' Dalam masa pemerintahan ini, kami berinisiatif mengundang aparatur yang masuk masa purna bhakti sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan yang telah memberikan pengabdian separuh dari kehidupannya,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Sebab hanya sedikit pemerintah daerah yang melepas ASN yang masuk purna bhakti.

Sebab perjalanan kota membutuhkan dukungan dari berbagai sektor termasuk ASN yang kini masuk purna bhakti. Ke-18 orang ASN ini masa pengabdiannya bukan waktu yang pendek karena separuh kehidupannya berada di pemda.

ASN yang masuk masa purna bhakti ini diantaranya kepala sekolah SD, guru SD dan SMP, pegawai RSUD R Syamsudin, dan pegawai Setda. Fahmi mengatakan, setiap bulan jumlah ASN yang masuk masa purna bhakti berkisar antara 14 orang hingga 18 orang dan bahkan lebih.

Sehingga bila diakumulasikan dalam setahun ada sekian ratus orang ASN Pemkot Sukabumi yang harus dilepas. Padahal proses CPNS menjadi PNS sangat terbatas dan kebutuhannya tidak seimbang antara yang masuk dan pensiun.

Oleh karenanya kata Fahmi, pemda mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan kinerja selama menjadi ASN di pemkot. Setelah silaturahim ini pengabdian akan tetap diberikan kepada Kota Sukabumi. '' Tetap berprestasi dan produktif untuk Kota Sukabumi,'' ujar Fahmi.

Kepala Bidang Kepegawaian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, Taufik Hidayah mengakui, setiap bulannya banyak ASN kota Sukabumi yang masuk masa purna bhakti. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA