Senin 31 May 2021 14:27 WIB

Argentina Dipastikan Batal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021

Kini siapa tuan rumah Copa America 2021 belum jelas.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Copa America 2021
Foto: Wikipedia
Copa America 2021

REPUBLIKA.CO.ID, ASUNCION -- Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) akhirnya mencoret Argentina sebagai tuan rumah gelaran Copa America 2021, yang rencananya akan mulai digelar pada 13 Juni mendatang. Langkah ini terpaksa diambil CONMEBOL setelah adanya tren peningkatan kasus penyebaran Covid-19 di Argentina.

Sebelumnya, Kolombia dan Argentina ditunjuk sebagai tuan rumah bersama gelaran Copa America 2021. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah turnamen tertua di pentas sepak bola internasional itu digelar di dua negara sekaligus. Namun, pada akhir Mei silam, CONMEBOL memutuskan untuk mencoret Kolombia sebagai tuan rumah Copa America 2021 lantaran instabilitas kondisi politik di Kolombia.

Tidak berhenti sampai disitu, CONMEBOL akhirnya membatalkan status Argentina sebagai tuan rumah Copa America 2021 lantaran adanya tren peningkatan kasus positif Covid-19. ''CONMEBOL menginformasikan dengan menilik situasi terkini yang terjadi di Argentina, maka federasi memutuskan membatalkan gelaran Copa America di Argentina,'' tulis pernyataan resmi CONMEBOL seperti dilansir AFP, Senin (31/5).

Pada pertengahan Mei silam, kasus positif Covid-19 dilaporkan meningkat secara drastis. Berdasarkan data WHO, pada tengah pekan lalu, angka positif Covid-19 di Argentina meningkat dua kali lipat. Pun dengan angka kematian akibat Covid-19, yang mencapai 76 ribu lebih, pada akhir pekan ini. 

Pemerintah Argentina kemudian memutuskan melakukan karantina wilayah secara penuh selama dua pekan, yang dimulai pada 22 Mei silam. Pemerintah Argentina berharap, langkah tersebut bisa menurunkan kurva kasus positif Covid-19 sebelum menggelar Copa America 2021. Namun, CONMEBOL tidak mau mengambil resiko dan membatalkan rencana gelaran Copa America 2021 di Argentina.

Hingga kini, CONMEBOL belum memutuskan negara yang akan menjadi tuan rumah Copa America 2021. Kabarnya, CONMEBOL akan melakukan rapat untuk memutuskan negara pengganti Argentina dan Kolombia selaku tuan rumah Copa America 2021 pada Senin (31/5) waktu setempat. ''Saat ini, CONMEBOL tengah mengevaluasi berbagai tawaran dari sejumlah negara, yang bersedia menggelar Copa America 2021,'' lanjut pernyataan resmi CONMEBOL.

Pada pekan lalu, Sekretaris Jenderal CONMEBOL, Gonzalo Belloso, mengakui, CONMEBOL sempat melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Cili terkait kemungkinan menjadi tuan rumah Copa America 2021. Gelaran Copa America 2021 rencananya akan diikuti oleh 10 negara kontestan, yang dibagi dalam dua grup di babak penyisihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement