Ahad 30 May 2021 06:22 WIB

BPIP Komitmen Bangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

E-SAKIP BPIP yang dijalankan sebelumnya telah banyak mendapatkan penghargaan

Biro Perencanaan dan Keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi APII-Kinerja.
Foto: bpip
Biro Perencanaan dan Keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi APII-Kinerja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Biro Perencanaan dan Keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi APII-Kinerja. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPIP Tonny Agung Arifianto SE MAB mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk pengenalan E-SAKIP dan memberikan masukan terkait dengan pengmbangan aplikasi tersebut.

“Kegiatan ini adalah sebuah rangkaian panjang bagaimana dalam rangka membangun sistem pemerintah berbasis elektronik dalam aspek pengelolaan kinerja di BPIP,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya sistem informasi tersebut untuk manajemen akuntabilitas yang akan dijalankan salah satu outputnya adalah E-SAKIP yang akan dinamakan APII-Kinerja. “APII-Kinerja merupakan  suatu langkah inovasi yang akan dilakukan oleh seluruh unit kinerja sehingga nantinya dalam rangka membangun suatu pengelolaan kinerja mulai dari proses perencanaan, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi sampai capaian kinerja akan berbasis elektronik,” jelasnya.

Diharapkan dengan aplikasi tersebut pegawai di lingkungan BPIP secara individu dapat meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tujuan bersama di dalam organisasi. “Dalam konteks APII- Kinerja juga memiliki motto “Catat Kinerja Anda dalam APII-Kinerja” yang harus dipahami dan dijadikan kebiasaan dalam bekerja yang merupakan babak baru bagi kita bahwa semuanya akan berbasis elektronik,” ujarnya.

 

Ia bahkan mengaku adanya E-SAKIP BPIP yang dijalankan sebelumnya telah banyak mendapatkan penghargaan salah satunya dari Kementrian Keuangan dalam kinerja pengelolaan anggaran. “Setelah diberlakukannya E-SAKIP ini diharapkan BPIP akan semakin membaik dalam segala aspek,” harapnya.

Ia menjelaskan APII-Kinerja tersebut tidak semata-mata kinerja yang dihasilkan oleh Biro Renkeu, tetapi seluruh unit kerja di lingkungan kerja BPIP. Biro Renkeu hanya sebagian dari koordinator pelaksanaan sistem tersebut. “Sebagai pengelola E-SAKIP sesuai dengan keputusan Sestama BPIP Nomor 7 tahun 2021 sudah terbentuk tim manajemen kinerja BPIP,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement