Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Chatbot SEROJA Pemkab Sragen Raih Special Mention Award

Senin 31 May 2021 12:32 WIB

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad

Chatbot SEROJA (Sragen Robot Menjawab) berhasil meraih Special Mention Award dalam ajang Kemkominfo Chatbot Finale 2021 yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Sabtu (29/5).

Chatbot SEROJA (Sragen Robot Menjawab) berhasil meraih Special Mention Award dalam ajang Kemkominfo Chatbot Finale 2021 yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Sabtu (29/5).

Foto: istimewa
Chatbot SEROJA merupakan inovasi yang mendapatkan Peringkat I

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN--Chatbot SEROJA (Sragen Robot Menjawab) berhasil meraih Special Mention Award dalam ajang Kemkominfo Chatbot Finale 2021 yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Sabtu (29/5).

Kompetisi tersebut didukung oleh para praktisi Artificial Intelligence (Kecerdasan Artifisial) yang menjadi juri ahli, yakni Hary Budiarto selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemkominfo, I Wayan Wisnu Antawijaya selaku Head Of Data Analytic – Group Digital Strategy Astra International, serta dan Arnold Doray selaku CEO of Terra AI.

Berdasarkan penilaian Dewan Juri, SEROJA layak menerima Special Mention Award karena memiliki tema yang berbeda dan spesifik dibandingkan dengan para chatbot kompetitornya.

Tim Leader SEROJA yang bertugas sebagai Kasi Pemberdayaan Teknologi Informasi Diskominfo Sragen, Imas Wulandari, menyampaikan SEROJA dianggap sudah mampu memberikan dampak nyata dan sangat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi yang lengkap dan dibutuhkan.

"Kami mengikuti proses seleksi yang cukup ketat dari awal penerimaan Chatbot Bootcamp ini, karena ternyata metode pembelajaran dilaksanakan hampir 80 persen secara mandiri melalui Online Lab Instructions. Sedangkan sisanya melalui mentoring secara virtual baik online meeting dan diskusi melalui grup media sosial," terang Imas seperti dikutip dari website resmi Pemkab Sragen, Senin (31/5).

Imas menambahkan, melalui Chatbot Bootcamp ini, SEROJA menjadi lebih berkembang. Semula SEROJA hanya berbasis media sosial, sekarang berkembang menjadi berbasis website dengan tampilan yang lebih interaktif dan menarik. "Jadi sekarang masyarakat bisa bebas memilih cara yang paling mudah untuk terhubung dengan SEROJA," lanjutnya.

Kepala Bidang Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Statistik Diskominfo Sragen, Hartono mengapresiasi kerja keras dari tim SEROJA yang telah berhasil meraih Special Mention Award.

"Alhamdulillah, kami menyampaikan terima kasih kepada Kemkominfo atas dukungannya melalui Program Digital Talent Scholarship ini. Sehingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah dapat lebih mengembangkan kemampuan digitalnya hingga dapat di implementasikan secara nyata di instansi masing-masing guna memberikan pelayanan prima bagi masyarakat," jelas Hartono.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Sragen, Yuniarti menerangkan Chatbot SEROJA merupakan inovasi yang mendapatkan Peringkat I dalam aksi perubahan kinerja pelayanan publik. Hal itu diperoleh pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V yang diselenggarakan  BPSDMD Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sragen Tahun 2020.

"SEROJA diciptakan guna mendukung pelayanan publik Sragen Smart City melalui penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik, penyediaan akses informasi dan promosi pemanfaatan layanan Smart City, menuju pelayanan publik yang prima, mudah diakses dan cepat, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten," paparnya.

Menurutnya, melalui SEROJA Pemerintah Kabupaten Sragen dapat menerapkan paradigma baru dalam mengakomodasi berbagai informasi layanan publik dari berbagai instansi ke dalam satu aplikasi chatbot.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA