Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

De Boer Lupakan Kontroversi, Ingin Fokus Siapkan Tim ke Euro

Senin 31 May 2021 06:55 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih timnas Belanda Frank de Boer

Pelatih timnas Belanda Frank de Boer

Foto: EPA-EFE/Koen van Weel
De Boer dikritik karena dianggap berbohong dalam konferensi pers timnas Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Belanda Frank de Boer berusaha menjauhkan perhatian media selama beberapa hari ini kepada dirinya. Ia memohon kepada media agar fokus ke sepak bola di mana timnya bersiap menghadapi Euro 2020.

Skuad Belanda dililit kontroversi soal vaksinasi Covid-19 setelah enam pemainnya menolak divaksinasi. Adapun De Boer dikritik karena berbohong saat mengumumkan timnya pekan lalu. Dia mengaku sedih karena sejumlah pemain tidak masuk skuad pendahuluan padahal kenyataannya dia memang tidak memanggil mereka.

Baca Juga

"Itu memang bukan konferensi pers terbaik saya," kata De Boer kepada televisi Belanda NOS seperti dikutip Reuters. "Dan bersama dengan itu, saya ingin melupakannya. Kini mari kita fokus kepada sepak bola."

Rabu (26/5) lalu, De Boer mengatakan sekitar enam pemain Belanda tak mau divaksinasi sehingga memicu kritik di negerinya. Dia dituding oleh media sebagai sembrono saat jumpa pers.

Dia mengaku sudah menghubungi sejumlah pemain yang tidak masuk skuad awal tapi kenyataannya tidak benar ketika muncul video Anwar El Ghazi yang bermain bersama Aston Villa yang mengaku hanya dikirim pesan teks. De Boer juga menyebut Donny van de Beek telah bermain 4.000 menit bersama Manchester United musim ini, padahal faktanya baru 1.500 menit.

Dalam hal vaksin virus corona, De Boer mengatakan Rabu pekan lalu adalah satu-satunya kesempatan terakhir bagi pemain dan staf untuk divaksinasi karena tak ingin ada efek samping vaksin mengganggu persiapan tim.

"Semua orang membuat keputusannya sendiri-sendiri. Saya, contohnya, sudah divaksinasi dan jika itu menjadi teladan bagi yang lain, maka bagus. Tapi orang bebas membuat keputusan, seperti semua orang di Belanda. Kami kini ingin menutup masalah ini dan hanya membahas Euro. Kami kini ingin fokus kepada turnamen itu," kata De Boer.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA