Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Tidak Cuma Baca, Hafalan Alquran Juga Lembutkan Hati

Ahad 30 May 2021 23:08 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran memberikan syafaat bagi para pembaca dan penghafalnya. Ilustrasi menghafal Alquran

Alquran memberikan syafaat bagi para pembaca dan penghafalnya. Ilustrasi menghafal Alquran

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Alquran memberikan syafaat bagi para pembaca dan penghafalnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Alquran akan menjadi pembela bagi siapa saja yang selalu membacanya. Untuk itu sempatkanlah waktu untuk membacanya setiap hari dan upayakan menghafalnya. 

"Walaupun kita sering disibukkan segala macam aktivitas urusan dunia, maka sempatkanlah sedikit waktu untuk membaca dan menghafal Aquran dan ini akan membawa berkah yang luar biasa," kata Pengasuh Ponpes Tahfizul Qur'an & Ilmu Hadits, KH Zulkifli Ahmad Zundim Lc , saat menyampaikan tausiyahnya tentang keutamaan membaca Alquran, Ahad (30/5). 

Baca Juga

Dengan membaca Alquran akan membawa kedamaian yang membawa ketenangan bagi tubuh, pikiran, dan jiwa.

Dan tidak ada apapun di dunia ini yang bisa membawa ketenangan kecuali firman-firman Allah SWT.  

"Hati dan jiwa akan dipupuk dengan ayat-ayat Alquran akan menemukam hati yang lebih damai dari pada yang pernah dirasakan," katanya.  

Dalam Alquran surat ke-54, surat Al Qamar, Allah SWT menjelasakan dua kali diulang dalam ayat yg sama yaitu :

*وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِر Wa laqad yassarnal-qur`āna liż-żikri fa hal mim muddakir. 

Yang artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk dihafal, maka adakah orang yang mengambil menghafalnya." 

Maka dari itu, mulailah menghafal, maka Alquran akan melembutkan hati yang paling keras, menghafalnya meleburkan hati seseorang. Mulailah berpikir untuk menjadikan anak hafiz Alquran. "Dan jika tidak jadikanlah anak angkat menjadi hafiz Alquran, dan rasakanlah kenikmatan di dunia sampai akhirat," katanya. 

Menurutnya, barang siapa yang hanya fokus pada urusan dunia semata, dan lupa pada Alquran maka Allah akan mengacaukan urusanya dan membuatnya takut akan kemiskinan terus menerus. 

Namun siapapun yang fokus membantu urusan akhirat, maka Allah akan selesaikan urusannya. "Dan Allah membuatnya merasa puas, dan duniawinya pasti akan datang dengan menunduk kepadanya," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA