Ahad 30 May 2021 22:01 WIB

Sumbar Kini Kembali Nihil Zona Merah

Sumbar nihil zona merah setelah Agam kembali ke zona oranye hari ini.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal
Foto: Republika/Febrian Fachri
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumatra Barat Jasman Rizal mengatakan tidak ada kabupaten atau kota di Sumbar yang berada dalam zona merah Covid-19 pada Ahad (30/5). Hal ini setelah Agam yang sebelumnya masuk zona merah kini sudah kembali ke zona oranye. 

"Zona merah pekan ini nihil, 15 zona oranye dan sisanya 4 zona kuning," kata Jasman. 

Baca Juga

Sebanyak 15 daerah yang masuk ke dalam zona oranye atau zona risiko penularan sedang adalah Kabupaten Sijunjung, Kota Padang Panjang, Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Agam 

Sementara empat zona kuning atau zona risiko penularan rendah, yakni Kota Pariaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan, dan Kota Sawahlunto.”Zona hijau belum ada," ucap Jasman. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumatra Barat Jasman Rizal mengatakan pada hari ini terdapat penambahan kasus positif covid-19 meninggal dunia 15 orang. Total jumlah warga meninggal dalam keadaan positif covid di Sumbar sudah 992 orang.

"Bertambah 15 orang meninggal dalam keadaan positif covid-19," kata Jasman.

Sebanyak 15 orang itu berasal dari Kota Padang 4 orang, Kota Solok 1 orang, Kabupaten Tanah Datar 2 orang, Kabupaten Solok 2 orang, Kabupaten Pasaman 1 orang, Kabupaten Padang Pariaman 1 orang, Kabupaten Agam 2 orang, Kabupaten Pasaman Barat 1 orang, dan Kabupaten Pesisir Selatan 1 orang.

Selain itu, hasil pemeriksaan laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dinyatakan positif covid hari ini sebanyak 269 orang. Total kasus positif Covid-19 di Sumbar sekarang sudah 44.127 orang.

Kemudian sebanyak 202 orang dinyatakan sembuh setelah konversi dua kali hasil negatif. Total kasus positif covid-19 yang sudah berhasil sembuh di Sumbar sebanyak 40.026 orang atau 90,71 persen dari total keseluruhan kasus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement