Ahad 30 May 2021 16:47 WIB

Tips Kesehatan Lansia di Masa Pandemi

Lansia harus mengetahui bagaimana keadaan kesehatannya.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 ke warga lanjut usia (lansia), (ilustrasi). Tips sehat lansia ala Guru Besar FK UI.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 ke warga lanjut usia (lansia), (ilustrasi). Tips sehat lansia ala Guru Besar FK UI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Tjandra Yoga Aditama memberi tips menjaga kesehatan bagi orang lanjut usia (lansia) di masa pandemi Covid-19. Prof Tjandra menyarankan lansia harus mengetahui bagaimana keadaan kesehatannya. Termasuk apakah ada penyakit tertentu dan atau gangguan kesehatan tertentu.

"Perlu cek secara berkala, bisa yang mudah dilakukan di rumah seperti mengukur tekanan darah dan berat badan, atau periksa ke dokter secara berkala. Kalau tidak ada apa-apa maka setahun sekali, kalau ada penyakit tertentu maka kontrol sesuai anjuran dokter," kata Prof Tjandra kepada Republika, Ahad (30/5).

Baca Juga

Kemudian, Prof Tjandra mengingatkan lansia disiplin bila ada kewajiban mengonsumsi obat sesuai kondisi kesehatannya. Ia berharap lansia tak mengabaikan rutinitas minum obat kalau sudah dianjurkan dokter.

"Kalau diberi obat untuk dimakan rutin sesuai penyakit yang ada, maka harus dikonsumsi secara disiplin, mungkin ada yang perlu setiap hari, dan lainnya. Selalu informasikan ke dokter tentang apa obat yang rutin dikonsumsi, untuk evaluasi/perubahan kalau diperlukan," ujar Prof Tjandra.

Prof Tjandra juga meminta lansia selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, makan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup, kelola stress. Ia menganjurkan lansia tak lupa mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Sehubungan Covid-19 maka segera divaksin. Kalau ada keluhan seperti demam, batuk dan maka segera cek ke fasyankes," ucap Prof Tjandra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement