Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Moxa, Layanan Jasa Keuangan Lengkap yang Mudahkan Pelanggan

Ahad 30 May 2021 15:28 WIB

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra

Tampilan aplikasi Moxa yang menyajikan beragam fitur jasa keuangan bagi pelanggan.

Tampilan aplikasi Moxa yang menyajikan beragam fitur jasa keuangan bagi pelanggan.

Foto: Dok
Kehadiran Moxa untuk menjadi solusi keuangan bagi pelanggan.

REPUBLIKA.CO.ID,

Layanan terintegrasi kini hadir dalam satu aplikasi. Inovasi terbaru tersebut bernama Moxa. Adalah Astra Financial (PT Sedaya Multi Investama), sebagai anak perusahaan PT Astra International Tbk, yang meluncurkan layanan superlengkap tersebut agar bisa dinikmati masyarakat.

Aplikasi berbasis mobile tersebut hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin dinamis dan beragam. Moxa juga merupakan sebuah inovasi dalam merespon ekosistem jasa keuangan di Indonesia.

Tentu saja, Moxa memiliki banyak fitur dan kelebihan dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Cara mudah merasakan manfaat Moxa, adalah dengan mengunduh langsung di Google Playstore atau App Store. Kemudian, mari mencobanya.

Aplikasi ini menyajikan beragam layanan dalam satu genggaman. Mulai pembiayaan kendaraan, pinjaman multiguna, pembiayaan gawai, elektronik, furnitur, persiapan dana pendidikan, hingga pembiayaan perjalanan religi (umrah), yang dapat diakses dengan mudah.

Selain itu, Moxa juga menyediakan layanan investasi bisnis untuk hari tua, sewa mobil dan bus, layanan antar jemput bandara, test drive kendaraan impian, dan tidak ketinggalan produk asuransi tentunya. Tujuan kehadiran Moxa adalah untuk menjadi solusi keuangan bagi konsumen atau pelanggan, dalam mengelola kebutuhan hari ini maupun menyambut hari tua.

Direktur PT Astra International, Suparno Djasmin, menjelaskan, Moxa merupakan wujud nyata dari Astra Financial dalam mendukung kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tercantum dalam Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021-2025. Hal itu terkait dengan akselerasi transformasi digital dan pengembangan ekosistem jasa keuangan, sehingga mampu mewujudkan sistem keuangan nasional yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil.

 

"Seiring dengan bergesernya gaya hidup konsumen yang mengedepankan layanan nonfisik ditambah dengan adaptasi kebiasaan baru saat pandemi ini, kami menyikapi perubahan perilaku tersebut dengan senantiasa berinovasi, melalui peluncuran platform digital Moxa," kata Suparno saat peluncuran Moxa di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Moxa memiliki sejumlah fitur unggulan, seperti conversational chat yang membantu pengguna memilih produk sampai melakukan transaksi dengan bantuan asisten, wishlist, share (social engagement), dan kalkulator simulasi (pengajuan kredit). Semua fitur itu untuk memudahkan pelanggan dalam penghitungan estimasi cicilan, hingga pengecekan status pengajuan produk pinjaman multiguna.

Ragam fitur tersebut semakin menjadikan Moxa sebagai one stop financial services yang kini sudah bisa diunduh dengan mudah. "Saya berharap kehadiran Moxa dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadikannya sebagai pendamping pada setiap perjalanan kehidupan," ucap Suparno menegaskan.

Hingga kini, aplikasi tersebut sudah diunduh lebih satu juta pelanggan. Dengan rating di angka 4,3 dan mendapatkan beragam testimoni positif, menandakan Moxa sangat berguna bagi pelanggan yang ingin memanfaatkan layanan. Pasalnya, mereka bisa melakukannya tanpa perlu keluar rumah hingga transaksi selesai.

"Moxa mengintegrasikan seluruh kebutuhan finansial dalam satu aplikasi sebab #DenganMoxaSemuaBisa dan menjadi pusat dari berbagai layanan keuangan terbaik dari Astra Financial," ujar Suparno.

Fitur dalam Moxa diklaim sangat memudahkan pengguna (beginner friendly). Setelah mendaftar, pengguna dituntun oleh asisten bernama Mona untuk mengenal lebih jauh tentang produk finansial lengkap dengan perbandingan skema yang paling sesuai kebutuhan.

Sedikitnya terdapat tujuh brand perusahaan afiliasi Astra Financial yang tergabung di dalam Moxa. Di antaranya, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIF Group, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance (SANF), dan MauCash.

"Salah satu aspek terpenting dalam transformasi digital adalah memberikan kemudahan bagi semua pengguna dari berbagai segmen untuk mengakses Moxa. Kehadiran fitur unggulan Moxa diharapkan mampu memfasilitasi keinginan pengguna yang mendambakan aplikasi simpel, praktis, dan efisien," kata Direktur Astra Financial Handoko Liem.

Dengan mengusung slogan 'Your Life’s Financial Companion', Moxa mengajak pengguna tidak berpindah aplikasi karena sudah tersedia layanan satu pintu. Posisi Moxa semakin diperkuat berkat dukungan perusahaan di bawah Astra Financial yang selama belasan tahun memberikan pelayanan terbaik di bidang jasa keuangan bagi masyarakat.

Karena itu, fungsi aplikasi sebenarnya berperan sebagai hub seluruh layanan atau produk yang dimiliki Astra Financial. Tidak cukup sampai di situ, Astra Financial juga berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk mendukung kinerja Moxa.

Dengan begitu, aplikasi yang ada sudah memanfaatkan teknologi mutakhir, infrastruktur komputasi awan terpercaya, dan berkinerja tinggi. Pun kerja sama juga untuk meningkatkan kelincahan dan stabilitas kinerja aplikasi Moxa agar tetap optimal sepanjang waktu.

Sistem cloud

Suparno menambahkan, Astra Financial siap menjadi pelopor di sektor keuangan yang secara proaktif merangkul kecerdasan sistem cloud (komputasi awan) serta teknologi digital. Selain mempercepat upaya transformasi digital perusahaan, sambung dia, juga untuk mempercepat pertumbuhan dan menawarkan layanan yang telah ditingkatkan bagi jutaan pengguna di Tanah Air.

"Kami sangat yakin dan percaya untuk bermitra dengan Alibaba Cloud, perusahaan penyedia layanan cloud terpercaya di Indonesia, di mana pengelolaan data nantinya harus dilakukan selaras dengan prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia, yakni prinsip yang sah secara hukum, patut, dan transparan," kata Suparno.

General Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen menegaskan, jasa teknologi yang ditawarkan perusahaannya menjamin keamanan data nasabah. Dia menjelaskan, industri keuangan membutuhkan solusi cloud yang aman. Kehadiran Alibaba Cloud mempunyai kapabilitas yang komprehensif untuk mewujudkan hal tersebut. Hal itu ditunjang pusat data lokal dan scrubbing center Alibaba Cloud yang ada di Indonesia.

"Alibaba Cloud sangat senang untuk mendukung Astra Financial mempercepat perjalanan transformasi digitalnya dengan menawarkan infrastruktur cloud yang tangguh dan teknologi canggih termasuk container, security, dan data base," tutur Leon.

Mudah

Seorang konsumen Dicko Alryadi membagikan kisah tanpa ribet menggunakan Moxa untuk pengajuan kredit hingga mengurus asuransi. "Pengajuan di Moxa simpel dan cepat, saya tidak perlu repot-repot keluar rumah. Sekarang pengajuan bisa via aplikasi, semua kebutuhan finansila saya terpenuhi," katanya memberikan testimoni.

Dicko melanjutkan, pada era serba teknologi seperti sekarang, Moxa hadir untuk memudahkan pelanggan. "Membantu banget lho, bisa urus asuransi online, proses pinjaman juga cepat dan aman kok. Fitur lengkap, jadi bisa melakukan semua transaksi, dan juga pengajuan sangat cepat. (Tahu-tahu) sudah masuk ke rekening," ucapnya.

Konsumen lainnya, Seprian Sah juga memiliki pengalaman menarik menggunakan Moxa. "Pengajuan di aplikasi Moxa simpel dan cepat, hanya dalam satu klik semua dapat terselesaikan. Proses pinjaman aman dan cepat, buat yang ribet urus asuransi, instal aplikasi ini saja," ucapnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA