Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Serunya Belajar Copywriting Bersama Itemplate.id

Ahad 30 May 2021 13:30 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Andi Nur Aminah

Kelas Copywriting, kini banyak dicari karena bisa mengajarkan seseorang membuat iklan produk dengan teknik dan cara yang mudah.

Kelas Copywriting, kini banyak dicari karena bisa mengajarkan seseorang membuat iklan produk dengan teknik dan cara yang mudah.

Foto: Republika
Kelas menulis iklan ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kelas copywriting telah digelar oleh Itemplate.id secara online selama tiga hari mulai 27 hingga 29 Mei. Kelas menulis iklan ini diikuti oleh ribuan peserta dengan berbagai macam latar belakang dari seluruh wilayah di Indonesia, bahkan hingga peserta dari luar negeri.

Meski berlangsung tanpa tatap muka, peserta kelas sangat antusias mengerjakan tugas-tugas. Bahkan, ada beberapa peserta yang mengerjakan tugas, kemudian mengunggahnya ke media sosial, langsung mendapat orderan. 

Baca Juga

Adapun materi yang dipelajari di kelas tersebut antara lain, bagaimana membuat judul iklan dengan teknik click bait, membuat copywriting secara utuh dengan rumus-rumus yang menjual, serta trik membuat copywriting yang mudah.

Beberapa peserta kelas copywriting pun membagikan pengalaman dan keseruan mereka selama mengikuti pelatihan. Seperti dituturkan Risma Khairunisa yang merupakan owner MR Aqiqah Catering. Sebelumnya, Risma mengakui kerap merasa kesulitan dalam membuat iklan untuk bisnis yang digelutinya yakni jasa catering. Setelah mengikuti kelas copywriting bersama Itemplate.id, Risma kini sudah bisa membuat banyak iklan dan caption di media sosial.

Peserta lainnya yaitu Rizki Nur Inayah yang berprofesi sebagai akunting. Rizki mengatakan, dia sering diminta untuk membuat iklan perusahaan oleh atasannya. Oleh karena itu, dia mengikuti kelas copywriting bersama Itemplate.id.

Rizki mengatakan, sebelumnya dia telah belajar tentang copywriting bahkan membeli buku tentang copywriting. Namun dia mengalami kesulitan dalam menerapkannya. "Alhamdulillah belajar di kelas ini baru sekali bikin judul langsung ketagihan, dan hasilnya memuaskan," ujar Rizki, Ahad (30/5).

Peserta lainnya Rospita yang berdomisili di Balikpapan mengatakan,membuat iklan yang menarik tidak semudah yang dibayangkan. Rospita yang merupakan distributor LM Salamgold mengatakan kelas copywriting yang diikutinya sangat menantang. Dia mengaku sempat kesulitan ketika diberikan tugas untuk membuat iklan yang dapat menarik konsumen. "Saya tidak menyangka akhirnya bisa juga membuat iklan, walau sampai harus begadang," ujar Rospita.

Peserta kelas online yang gratis lainnya, Rika Dian Puspasari. Rika adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki tiga anak. Penggemar kucing ini mengurus sendiri anak-anaknya tanpa bantuan asisten rumah tangga.

Rika juga menjalankan bisnis sebagai pengrajin perhiasan buatan tangan, serta reseller sejumlah produk. Awalnya Rika mengikuti kelas copywriting karena miris melihat unggahan produk yang dijualnya di media sosial kurang mendapatkan respons dari pembeli.

Sebelumnya, Rika mengaku pernah belajar teknik copywriting secara otodidak. Setelah mengikuti kelas copywriting di Itemplate.id, keterampilan dia untuk menulis iklan pun semakin terasah. "Menulis itu mudah ternyata ketika saya tahu rumus-rumus yang harus digunakan," kata Rika.

Ibu rumah tangga lainnya, Hany Timbuleng berharap setelah mengikuti kelas copywriting, produk jualannya semakin laris manis. Kini, Hany sudah bisa membuat iklan yang dapat menarik pelanggan. ''Alhamdulillah jadi lebih tahu cara menentukan teks promosi yang menarik. Terima kasih, ilmu yang diberikan di kelas ini, meski gratis tapi sangat bermanfaat," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA